SMITH SYSTEM: Self Precaution to Motor Vehicle Crash

Kemarin saya janji untuk ulas mengenai Smith System.. sekarang saya penuhi nih..

picture1.jpgSMITH SYSTEM = Precaution = Tindakan pencegahan, yaitu suatu seri teknik yang saling terkait untuk mengemudi. Smith system dapat membantu pengemudi untuk melihat, berpikir, dan bertindak dalam berkendara di jalan raya.

LATAR BELAKANG
Orang yang berjasa dalam hal ini adalah Harold L Smith (USA). Ceritanya begini:
Bermula dari tingginya angka motor vehicle crash / accident yang unfortunately disebabkan karena masih kurang memuaskannya tindakan pencegahannya pada lebih dari ½ abad yang lalu, maka Harold L Smith memperkenalkan “The Space cushion, Eye system of driving“. Saking beliau concern-nya terhadap hal ini, maka pada tahun 1948 beliau mengajarkan “ The Eye – Mind coordination “. Kemudian pada tahun 1952, mulailah dikampanyekan Perubahan Kebiasaan Mengemudi dengan “THE FIVE KEYS TO SPACE CUSHION DRIVING“ yang dikenal dengan “SMITH SYSTEM

Kampanye tersebut mendapat sambutan yang luas. Bahkan pada tahun 1957 Ford Motor Company mensponsori Harold L Smith untuk mempresentasikannya ke pelosok Amerika Serikat, dan kemudian The NSC ( National Safety Council ) dan Ford Motor Company membuat film training mengemudi berdasarkan Smith System dan diadakan di Amerika serta Kanada

BUKTI KEBERHASILAN SMITH SYSTEM
Perusahaan yang pernah menerapkan Smith System adalah The People Gas Company – Chicago. Setelah mendapat training smith system, miles save driven mereka meningkat dari 22,000 menjadi 285,000 mile. Sementara ketika dibandingkan dengan The People Gas Company – Canada yang belum mendapat training smith system, miles save driven mereka malah turun dari 80,000 menjadi 50,000 mile. Good job, huh?

5 KUNCI SMITH SYSTEM
Jadi apa sih 5 kunci smith system yang dari tadi dibicarakan itu?
# 1. Sasaran tinggi dalam mengemudi (aim high in steering)
# 2. Dapatkan gambaran luas (get the big picture)
# 3. Tetap menggerakan mata anda (keep your eyes moving)
# 4. Sediakan diri anda jalan keluar (leave your self an out)
# 5. Pastikan mereka melihat anda (make sure they see you)

Loh, itu doank? Ya ngga cuma doank-doank.. 5 kunci di atas ampuh buat membantu keselamatan pengemudi plus penumpang-penumpangnya kalo diterapkan dengan benar. Check this out!

MANFAAT SMITH SYSTEM
1. Pandangan untuk si pengemudi:
Bisa membaca sikon dan menghindari dari kejadian yang tak terduga / tiba-tiba / terkejut.

2. Ruangan untuk kendaraan:
Bisa mengantisipasi kesalahan orang lain karena adanya ruang gerak yang selamat /manuver / berhenti.

3. Waktu untuk mengambil tindakan
Bisa menghindari konflik karena mempunyai waktu yang memadai untuk membuat keputusan dan bertindak benar dalam waktu yang tepat.

So, buat yang baru tau mengenai smith system.. coba deh cari tau dan pelajari.. Anda juga bisa buka di http://smith-system.com/

This entry was posted in General. Bookmark the permalink.

One Response to SMITH SYSTEM: Self Precaution to Motor Vehicle Crash

  1. selamat says:

    only I read that, i’d felt that the result is very nice…thanks …..

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s