Pisang,, I love it!

Pisang begitu mudah didapat. Mengapa kita tidak lebih sering menyantapnya, lebih-lebih setelah mengetahui khasiatnya?

  1. Anemia
    Anemia secara umum berarti anemia zat gizi besi. “Kurang darah” merupakan istilah awam untuk menyebut kondisi akibat rendahnya kadar hemoglobin (hb) darah ini. Gejalanya: wajah pucat, lemah-letih-lesu-lelah, mudah pingsan. Zat besi merupakan bahan penting pembentuk hemoglobin (butir-butir darah merah). Kadar Hb normal laki-laki 14-18 g per dl, wanita 12-14 g per dl. Pisang merupakan buah paling berlimpah zat besi yang sekaligus juga mudah diserap tubuh yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi anemia. Kandungan zat besinya mampu merangsang produksi hemoglobin darah.

  2. Daya ingat
    Penelitian dilakukan terhadap 200 murid di Inggris yang tengah melakukan ujian. Mereka diberi pisang di pagi hari, ketika istirahat dan di siang hari. Hasilnya, anak-anak yang ikut dalam penelitian ini lebih mudah menyelesaikan soal-soal ujian dibanding murid-murid lain. Buah kaya kalium ini memacu kemampuan daya ingat.

  3. Depresi dan stres
    Depresi (stres berat) mereda setelah kita menyantap pisang. Pisang kaya amino triptofan, yang di dalam tubuh diubah menjadi serotonin, zat yang dapat memperbaiki suasana hati (mood), membuat kita rileks dan merasa lebihbahagia. Simpanan vitamin B-nya juga membantu mengontrol sistem saraf.

    Ketika kita stres, metabolisme tubuh kita meningkat, sehingga menguras simpanan kalium. Salah satu akibatnya, detak jantung menjadi kurang beraturan. Menyantap pisang yang berlimpah kalium akan menormalkan detak jantung, memperlancar pengiriman oksigen ke otak, dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

  4. Hipertensi dan stroke
    Pisang sangat kaya kalium peredam hipertensi dan stroke dengan kandungan natrium sangat rendah. Salah satu edisi The New wngland Journal of Medicine memuat hasil penelitian yang menyebutkan kebiasaan sehari-hari menyantap pisang terbukti dapat memangkas risiko meninggal akibat stroke hingga 40 persen!

  5. Kegemukan gara-gara ngemil
    Dalam satu hasil penelitian terhadap 5.000 pasien kegemukan di rumah-rumah sakit di Austria disebutkan sebagian besar gara-gara stres akibat pekerjaan bertumpuk dengan jadwal penyelesaian yang ketat. Kondisi ini membuat mereka menghibur diri dengan ngemil, terutama cokelat dan keripik. Padahal, keinginan ngemil itu dapat diredam dengan mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Caranya, makanlah pisang setiap dua jam.

  6. Nyeri lambung
    Ketika merasakan nyeri lambung, coba makan pisang. Kandungan antasid alaminya membantu mengurangi produksi asam lambung, meredakan nyeri, dan mengurangi tukak (iritasi) dengan cara melapisi dinding lambung.

  7. Sindrom premenstruasi
    Lupakan obat-obatan antidepresi, makanlah pisang. Kandungan vitamin B6-nya merangsang stabilitas kadar gula darah, yang menjadikan suasana hati lebih nyaman.

    Pisang apakah yang berkhasiat demikian? Semua jenis pisang pada umumnya, yang dimakan segar tanpa direbus ataupun digoreng. Pisang ambon, pisang mas, pisang lampung, pisang raja uli, pisang susu (pisang raja sereh), atau jenis pisang lain.

Stress dan depresi, kalo dibiarkan akan berdampak negatif ke sistem imunitas tubuh kita, dan juga mengakibatkan kematian sel otak. Jangan main-main, ada lho kaitannya.. Makanya.. berkembang juga ilmu Psychoimmunoneurology.

So Guys… Tunggu apa lagi? Setelah qta tahu khasiat pisang, kalo lagi stress, makan aja PISANG!! Beside, it tasted good, isn’t?

This entry was posted in Nutrition's corner. Bookmark the permalink.

17 Responses to Pisang,, I love it!

  1. presty larasati says:

    wah.. baru tau ternyata khasiat pisang emang sebagus itu.. selama ini tau kalo pisang emang punya khasiat yang bagus, n i really2 love it.. tapi gatau kalo manfaatnya sebanyak itu.. kata orang makan pisang bikin gemuk.. tapi ternyata g, ya? bye bye chocolate n welcome banana deh! he he

    >> hehehe.. memang pisang juga bisa bikin gemuk kalo dimakan terlalu banyak.. misalnya sekilo pisang sehari.. huahaha! soalnya Kandungan gizi yang terdapat dalam setiap 100 gram buah pisang matang adalah: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram, serat 0,7 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 28 miligram, besi 0,5 miligram, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 miligram, vitamin C 3 miligram dan air 72 gram.

    100 gr pisang itu adalah 1 porsi pisang ambon atau cavendis (yang kecil lah, he3). Jadi, makan 3 buah pisang aja jumlah kalorinya udah nyaingin 2 porsi nasi (300 gr).. Jadi pesanku, tetap dijaga jumlahnya.. semua makanan di dunia ini ga ada yang ga punya efek samping.. Baca juga tulisanku mengenai zat anti gizi, okay..

    Thanx banget udah bergabung dalam komunitas pecinta pisang, Prez.. (loh, emang ada?? Ya kita buat ajalah biar ada, huahaha..)
    CU..

  2. Re says:

    hmmm..ternyata selain enyak, pisang juga bermanfaat buanyak ya.tak salah selama ini aku suka pisang, walopun temen2 kantor pada ketawa kalo aku beli pisang hehhee..kayak temen2 di utan katanya…biarin toh kalo bulan purnama buluku ga pada tumbuh n jadi monkey …:D ..pisang hmmm…i really love it

    >> Harusnya bulu itu tidak tumbuh pada bulan purnama.. karena kalo tumbuhnya pada bulan purnama, berarti ceritanya jadi “srigala jadi-jadian”, bukan monyet dadakan, heuheuhe.. Piss mbak!🙂
    Pisang memang membantu banget untuk atasi mood ku yang naik turun ga stabil. Teksturnya lembut n kenyal2,, trus manis lagi.. Nyummy!
    Buat mbak Re, Met bergabung dikomunitas pecinta pisang!!

  3. SARAh says:

    I LOVE IT

    >>> sure u do!🙂

  4. sodarthea says:

    emang yg namanya pisang itu uenak banget gw paling doyan apa lagi pisang ambon sekali makan gw bisa habis 3 heeheh

    >>> yup. Aku punya sodara yang ga mau makan kalo ga ada menu pisang-nya, Hehehe..😀

  5. DELA says:

    Waaahhh…..jitu ugak yea pisang tu…jd pngen neeh!!

  6. fEe_niee says:

    UhM,,,
    kLO taU piSang se-BerGuna itu, ga BakaL mubazir Lagi DeH,,,
    di belAKanG ruMAhku, baNYak pisaNG,,,
    daN kLO berBUAh, diPAstikan akAN banYak orang KEtiBAn piSang:)
    pisang, I loVe you!
    Mba AMa, thank u!!

  7. Inceu says:

    Wah gile. Thx 4 the post.

    Menenangkan hati saya yg emang pisang a holic. Hahaha!

    Hari ini saya udah makan 6 pisang. Kemaren 10 pisang goreng. Ahaks! xP

    Viva banana!

  8. rahmawati says:

    @ Inceu
    wooouw…😀

  9. lia says:

    aq juga baru tahu klu pisang itu bisa menghilangkan stress g bakal aq sia-siakan yg namanya pisang

  10. Fadil says:

    Saya kerja lapangan, tiap hari berdua dengan supir keliling Semarang-Tegal lalu balik lagi ke Semarang, paling ga setiap mau berangkat keluar kota, kita beli pisang 2 sisir untuk persediaan 1 minggu di lapangan, ..

    kerja lapangan tanpa pisang di mobil rasanya seperti makan nasi tanpa pete..hehe…

  11. yeni says:

    hehee…saiaa pisang 1 sisir (+/- 12-16 buah pisang) abiz dalam waktu gak lebih dari 3hari…beneraaann.heahahaehe

  12. yeni says:

    weeehhh saya biasaNya satu sisir (+/- 12-16) abis gag lebih dari 3hari loohhh….hahaha…
    bikin endut gag ia…tp saya suka..

  13. Nia says:

    Terus terang seumur hidup aku ga pernah makan pisang, cium baunya aja udah enek.. tp pagi ini aku cek HB karena mau donor darah & hasilnya HB aku cuma 10,5.. stelah baca artikel di atas kaya’nya aku tau deh penyebabnya… gimana caranya supaya bisa makan pisang dan naikin HB ya??

  14. ipit duriah says:

    dulu-dulu gak terlalu suka makan pisang, soalnya perut rasanya penuh dan suka perih. Tapi sejak hamil….kok seneng banget pisang terutama pisang ambon, tapi anehnya meskipun makan banyak juga gak sakit lagi perutnya, terus….dedek bayi juga kalo bis makan pisang selalu gerak-gerak, beda kalo makan yang gak disuka pasti perut mual2. tapi…jangan percaya ini bawaan bayi ya pembaca, he…he… Apalagi saya gak suka vitamin penambah darah dari bidan, jadi mudah2an zat penambah darahnya bisa gantikan obat itu, karena yang alami pastinya lebih baik… sekarang, setiap hari pasti beli pisang, kalo seharian gak makan rasanya ingeeet terus….

  15. Rh@ny says:

    Alhamdulillah aq suka banget sm buah pisang… jadi pas baca artikel ini jd tambah cinta ma buah yg satu ini ( hehe lebay)…

  16. waktu hamil saya sekali makan pisang mas 7-8 buah….dan setiap lihat pisang langsung ngiler…
    setelah anakku lahir, ternyata sekarang dia sukaaaa banget sama yang namanya pisang…bawaan bayi bukan ya ketika ku hamil dulu…

  17. Dicky BP says:

    Bila kita mengkonsumsi pisang per hari maka berpengaruh apa ngak ya ke hasil pengolahan usus besar kita ? soalnya bila kondisi pencernaan usus kita kurang baik katanya jangan makan pisang karena buang hajatnya susah dan keras kecuali normal , tapi psiang juga kurang baik bila kandungan asam lambung di perut kita tinggi juga kurang baik deh makan pisang apalgi sampai banyak-banyak.

    Mudah-mudahan artikel ini juga berguna bagi kita yang mempunyai pengetahuan pas-pasan.

    Salam

    Dicky Budi P

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s