Kenali Zat Anti Gizi (1): Senyawa Anti Tyroid Alami

Thyroid adalah kalenjar yang terletak di leher right below the adam’s apple. Fungsinya? Thyroid mengontrol kecepatan pembakaran energi, membangun energi tubuh, dan mengatur tingkat sensitivitas tubuh terhadap hormon2. Selain itu, thyroid juga menghasilkan hormon Tiroksin (T4), Triiodotironin (T3) yang berperan dalam metabolisme dan pertumbuhan tubuh keseluruhan, dan thyroid juga memproduksi hormon kalsitonin (calcitonin) yang berperan dalam homeostasis kalsium. Lalu apa jadinya bila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung anti thyroid?

 

Inilah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan aktivitas Kelenjar Thyroidpenyakit-graves.jpg

  1. Hyperthyroidisme (hyperactive thyroid): Penyakit Graves
  2. Hypothyroidisme (underactive thyroid): Kongenital, Juvenilis, Myxedema, dan Goiter (gondok, kenal kan?)

Berikutnya, kita kenali dulu mengenai gondok..

Contoh Makanan yang mengandung Goitrogen (dapat menyebabkan gondok):

  • Brokoli, kembang kol, kubis, lobak cina
  • Kedelai
  • Mustard
  • Sawi hijau dan sawi putih, bayam
  • Rutabagas
  • Crucifer
  • Brassicae
  • Struma Cibaria

Berdasarkan dengan sifat-sifat alami produk-produk yang mempunyai pengaruh goitrogenik, dapat dibedakan 3 jenis hipertrofi, yaitu:

 

a. Gondok kobis atau “struma cibaria

Struma cibaria disebabkan oleh bagian vegetatif berbagai tanaman famili cruciferae yang digunakan untuk nutrisi manusia dan atau untuk makanan hewan domestik. Metabolisme iodine: penurunan kemampuan kalenjar tiroid untuk mengambil elemen iodine.

Hasil penelitian:

1) walaupun supply iodine telah mencukupi, setelah 25-30 hari diet yang didasarkan pada kobis atau brassicae yang lain, berat tiroid per 100 g berat badan dibuktikan menjadi 3-8 kali lebih tinggi daripada hewan kontrol.

2) Aksi anti tiroid bervariasi sehubungan dengan sidat tanah dari daerah penanaman dan frekuensi & curah hujan atau musim. Kobis yang dipanen pada musim gugur dan musim dingin dan yang tumbuh dengan air berlimpah lebih aktif daripada yang dipanen pada musim semi.

3) Kenaikan kandungan iodine dalam makanan mencegah timbulnya gondok.

b. Gondok Biji Brassicae

Hasil penelitian:

1) kalenjar tiroid tikus muda yang diberi diet kaya biji kobis, biji nitabaga, atau biji turnip, menjadi 3-4 kali lebih besar daripada kelompok kontrol.

2) Dapat disembuhkan dengan pemberian tiroksin.

c. Gondok dari kedelai dan kacang-kacangan lainnya

Hasil penelitian:

1) pemberian kedelai utuh dan diet yang mengandung sejumlah besar tepung kedelai bebas minyak menyebabkan goiter pada beberapa jenis binatang (kelinci, babi guinea, ayam, tikus, dll)

2) efek yang menghasilkan gondok dapat dikontrol dengan penambahan iodida atau oleh kenaikan 3-5 kali jumlah iodine diet.

Mekanisme: Serum protein yang mengikat iodine (PBI, Protein Bindring Iodine) berkurang, tetapi pengambilan radio-iodine oleh kalenjar tiroid sangat tinggi.


Kemudian, barulah kita membahas senyawa-senyawa anti thyroid alami.

Sifat-sifat Alami Senyawa dan Mekanisme Kerja

a. Thiosianat ( N=C-S-R) dan Isosianat (R-N=C=S)

Dalam tubuh hewan, tiosianat secara alami dapat berasal dari kombinasi sulfur dengan senyawa sianat (sianida, nitril, glukosida sianogenetik) yang telah masuk tubuh atau dari masukan lewat mulut dalam keadaan belum terbentuk atau keduanya. Karena kekayaan akan glikosida sianogenetik dan sulfur bivalent maka makanan goitrogenik dapat menyumbang, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui metabolisme, untuk menaikkan tiosianat dalam darah.

Dalam tikus Wistar jantan yang beratnya 200 g pemberain ablil-isotio-sianat sebanyak 2 atau 4 mg langsung ke lambung sebelum injeksi 0.5 mc 131I sangat menghambat pengambilan radioaktif iodine oleh tiroid. Kenaikan konsentrasi tiosianat dalam serum menurunkan kapasitas pengambilan 131I oleh tiroid dan pengmbilan nutrisi oleh produk-produk yang kaya akan glikosida sianogenetik menyebabkan pembesaran kalenjar, menurunkan kandungan iodine seperti juga pada level serum protein yang mengikat iodine.

In vitro, penambahan tiosianat dalam medium yang berisi irisan-irisan dari jaringan tiroid hidup diinkubasikan pada konsentraasi yang serupa dengan yang ditemukan dalam serum domba yang diberi pakan semanggi putih, akan menghambat konversi radio iodine anorganik ke dalam kombinasi dengan senyawa organik.

b. Cheiroline

Dari daun dan biji Rapistrum nigosum (turnip liar) dan Brassica campescris (crucifere di Tasmania dan Queensland) glikosida telah diisolasi dan disebut gliko-cheiroline yang telah diperoleh dari hasil hidrolisis 3-metil-sulfonil-propil-isothiosianat atau cheiroline (CH3-SO2-(CH2)3-NCS). Senyawa ini dapat dipersiapkan dalam keadaan murni, dan dalam pengujian bentuk pendek, itu menunjukkan aktifitas antitiroid yang serupa dengan yang dikeluarkan tiosianat. Setelah pemberian 5-110 mg pada tikus, penggabungan radioisotop dikurangi sampai 9-15%, yang terbukti menjadi lebih aktif daripada n-propil-isotiosianat. Cheiroline mengandung produk-produk yang telah dipelajari yang bervariasi antara 1-2 g per kg tanaman kering atau kira-kira 0.4 g ker kg tanaman segar.

c. Progoitrin dan Goitrin (Thio-oxazolidone)

Dalam jaringan tubuh, goitrin tidak terdapat dalam keadaan bebas, tetapi dalam bentuk tioglukosida, glukopiraferin disebut progoitrin yang telah dipersiapkan dalam bentuk kristal.

Tanaman: turnip kuning atau rutabaga (brassica oleracea rapefera), famili cruciferae, biji rape (brassica conpetris dan brassica napus). Biji rape terutama kaya akan tiooxazolidone dan isotiosianat.

Kebanyakan brassica mengandung goitrin, dan tidak hanya dalam biji tetapi juga dalam bagian yang dikonsumsi manusia. Tiooxazolidone pada dasarnya berbeda dengan tiosianat, senyawa-senyawa ini beraksi sampai dengan tiourea dan tiourasil dan tidak mengganggu cukup banyak terhadap pengambilan iodine oleh tiroid seperti dalam biosintesis tiroksin.

d. Polifenol

Karena polifenol sanggup membentuk senyawa dengan iodine oleh penggantian, mereka bersaing dengan tirosin dan oleh pengambilan beberapa iodine, mereka melemahkan biosintesis tiroksin. In vitro, penambahan zat warna alami polifenolik (seperti antosianin, flavone, katecol, dsb.), pada kultur medium, dari potongan-potongan tiroid, menurunkan jumlah radio-iodine dalam fraksi organik sebanyak 50-60% . pengaruh ini tidak lagi tampak jika substansi polifenolik lebih dahulu di-iodat-kan. In vivo, penambahan ferrol murni, yaitu: resonsinol dan phlorogensinol, sangat mengurangi penggabungan radio-iodine ke dalam kalenjar tiroid tikus dan seperti penghambatan ini adalah hasil dari persaingan yang dapat dikontrol dengan kenaikan supply iodine.

e. Haemoglutinin (phytotoxins)

Dari biji-bijian Leguminoceae (kacang-kacangan), telah diisolasi senyawa toksis yang mengandung nitrogen, yang mampu menggumpalkan eritrosit yang didapatkan dari berbagai jenis hewan. Karena senyawa ini mempunyai afinitas terhadap membran, mereka menyerang sel-sel dari membran mukosa usus sehingga sangat mengurangi kapasitas absorpsi.

Pada beberapa spesies hewan (misalnya tikus), entero-hepatik sirkulasi dari hormon tiroid adalah sangat aktif, dalam waktu 1 jam hampir semua tiroksin yang tersirkulasi dikeluarkan ke dalam usus, mengusulkan gagasan bahwa gondok yang disebabkan oleh kedelai dilengkapi dengan gangguan absorpsi kembali (resorption). Studi dengan L. titoksin 131I pada athyroid cretin yang diberi pakan formula biji kedelai menunjukkan bahwa diet ini menurunkan absorpsi usus dari hormon eksogenous. Hasilnya dipertimbangkan untuk mendukung teori bahwa gondok yang sebelumnya telah dilaporkan terjadi pada bayi dengan diet biji kedelai disebabkan oleh kehilangan hormon tiroid endogenous ke dalam feces. Pengeluaran hormon ini (ke dalam feces) mempengaruhi stimulasi kalenjar dan kenaikan kebutuhan iodine, untuk mengganti kehilangan.

Pengobatan Gondok
– Operasi
– Obat-Obat Anti Thyroid
– Suplement
asi Yodium

Pencegahan yang dapat kita lakukan adalah:
– Mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung goitrogen
– Memperbanyak konsumsi kuning telur, daun peterseli, buah aprikot, prunes, ikan, ayam, keju dan susu

Tentunya informasi ini bukan sekedar info yang hanya dibaca sepintas lalu kan? Sooo, selamat melaksanakan!

This entry was posted in Nutrition's corner. Bookmark the permalink.

119 Responses to Kenali Zat Anti Gizi (1): Senyawa Anti Tyroid Alami

  1. Sukardi Silalahi says:

    mohon informasi penyembuhan thyroid, istri saya (41 thn) sdh 2 kali operasi, sekarang kambuh lagi.

  2. rahmawati says:

    Gizi adalah bagian dari preventif dan rehabilitatif. Gizi merupakan supportif system bagi tindakan kuratif.

    Saya ingin membantu Bapak tetapi saya masih membutuhkan data deskripsi penyakit istri bapak. Hiperthyroid, ataukah hipothyroid? Apa nama penyakitnya? Mungkin juga dengan keadaan Ibu selama sakit, keluhan-keluhan yang dirasakan (mual, muntah, dll)? Apakah juga ada perubahan berat badan?

    Bila saya mengetahui informasi di atas, insya Allah saya akan bantu dengan rekomendasi terapi gizi-nya, pak.
    Terima kasih, bapak Sukardi Silalahi.

  3. Sari says:

    Saya (27) menderita hypertyroid dan didiagnosis tergolong grave’s diseases. Ada perbedaan mencolok pada mata yakni salah satu mata (kanan) lebih menonjol tetapi berat badan tergolong naik, apakah ada kaitan antara berat badan dan hormon tyroid?Gimana untuk mata dokter saya menyarankan untuk dilakukan penyuntikan satu kali seminggu??Gimana baiknya dan adakah pengobatan alternatif/tradisional yang bisa membantu??Terimakasih

    >>> hormon thyroid merupakan hormon pertumbuhan. karena thyroid-nya berlebihan, bisa jadi pertumbuhan juga tidak terkontrol. Yang bisa membuktikan itu adalah tes laboratorium. Dokter menyarankan demikian berarti mbak sudah berkonsultasi dengan medis. Mbak bisa mendengarkan second opinion dari dokter lain. Pada kasus mbak, gizi bertindak pendukung dari terapi medis. Utamanya adalah terapi hormon.

  4. Riri says:

    hai mbak Rahma… salam kenal. saya lihat di tulisan mbak, bahwa Bayam salah satu contoh makanan yang dapat menyebabkan Gondok (mengandung goitrogen). tapi kok di anjuran tulisan, makanan yang dianjurkan salah satunya bayam.

    oh ya, saya juga mau nanya nih, ibu saya 51 tahun menderita pembengkakan kelenjar gondok, sekarang kira-kira sebesar telur ayam negeri. saya suka kasian melihatnya. ada rasa minder gitu. saat ini saya berlainan kota dengan ibu saya. saya ada keinginan untuk mengobati ibu saya melalui operasi. tapi tulisan bapak sukardi membuat saya sedikit ragu juga, ternyata operasi belum tentu jalan terbaik mengingat usia ibu saya yang sudah tergolong berumur, ada rasa takut fisiknya tidak cukup kuat.
    minta sarannya mbak..
    sebaiknya apa yang harus saya lakukan? adakah terapi untuk ibu saya? kira-kira di usia 51 tahun, apakah masih cukup kuat untuk dioperasi?

    sarannya ditunggu ya mbak. via japri juga boleh. makasi…

    >>> wah, saya tidak menganjurkan makan bayam, tapi ayam.. pelan-pelan loh bacanya😀
    untuk masalah bedah dan terapi penyakit sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.
    Dari segi gizi, saya hanya bisa menyarankan untuk tetap memenuhi kebutuhan iodium secara oral, dengan mengurangi konsumsi bahan makananan goitrogenik. Bentuk makanan, jenis diet tidak khusus, artinya masih sama seperti orang normal.
    Untuk selanjutnya, dokter dan ahli gizi bekerja sama dalam memberikan terapi, sebab perlu disesuikan dengan kondisi pasien, dan obat yang diterimanya sebab ada interaksi obat dan makanan.
    Begitu Mbak Riri, semoga Ibu Anda cepat sembuh..

  5. Aris CPP says:

    Salam kenal …. Anak saya berusia 6 th namun dilihat pertumbuhan dan daya tangkap agak kurang dari anak anak sebaya nya dan tinggi badannya pun sangat kecil seperti umur 3-4 th. menurut hasil laboratorium kekurangan hormon. bagaimana solusinya ???? saat ini saya ssedang mencari dokter ahli hormon dan gizi yang ada di bandung. mohon pencerahannya atau informasi harus bagaimana saya bertindak terima kasih.

    Aris Hadiana

    >>> Benar, pak. Bila memang terbukti secara klinis dan biokimia bahwa anak bapak kekurangan hormon pertumbuhan, langkah yang sebaiknya diambil adalah berkonsultas dengan dokter anak mengenai kemungkinan terapi hormon. Gizi juga tak kalah berperan dalam pertumbuhan, tetapi apabila penyebabnya sudah terdeteksi, maka kita perlu atas penyebabnya dan gizi bertindak sebagai supportif keberhasilan tindakan tadi.

    Sebenarnya, tanda-tanda pertumbuhan anak yang kurang normal bisa terlihat dari grafik pertumbuhan anak tersebut pada KMS (jika anak Bapak aktif dibawa ke posyandu). Pada KMS terlihat apakah pertumbuhan anak tersebut berada pada garis normal (hijau), BGT (Bawah Garis Titik-titik) dan BGM (Bawah Garis Merah). Apakah ia juga mengalami kemunduran pertumbuhan / FTT (Failure To Trive) sehingga perlu tumbuh kejar? Sejak kapan terjadi? Itu semua dengan cepat bisa dideteksi dari grafik pertumbuhan KMS, sehingga orang tua dapat bertindak cepat mengatasi apa pun keadaan yang terlihat tidak normal, pak.

    Saat ini yang dapat saya sarankan adalah berkonsultasi dengan dokter anak. Semoga anak Bapak dapat cepat mengejar pertumbuhannya. Let me know the progress ok?🙂

  6. Aris CPP says:

    Betul saya sudah berkonsultasi dengan dokter anak yaitu Prof.dr.H.Azhali MS.SpAK sebelumnya anak sy tersebut kena bronhitis dan akhirnya sembuh, stetelah itu saya justru disarankan ke dokter yang menangani hormon dan gizi yaitu ke RSHS Bandung tetapi saya sudah mencoba ke RSHS disana saya malah diping pong pada intinya mereka tidak bisa menunjukan ke dokter siapa kami harus berobat. jadi kami mencoba ke RS Borromeus.namun disana belum ada dokter yang menangani khusus untuk hormon pertumbuhan tersebut. Jadi kami sampai saat ini bingung harus kemana kami berkonsultasi. mungkin adayang bisa memberi referensi mengenai ini khususnya dokter yang praktek di kota bandung mengenai kekurangan hormon. terima kasih

  7. henie says:

    salam kenal mbak Rahma, saya (perempuan, 36 tahun) didiagnosis dokter hypertyroid, ditandai dengan jantung berdebar, keringetan, berat badan turun, lemas, ngos ngosan. Sudah ke dokter jantung dan lab menunjukkan T4 tinggi dan TSH rendah. Kelenjar di leheragak bengkak. Diberi obat propranolol, PTU dan Xanax. Agak mendingan sekarang. Selanjutnya akan konsul ke ahli thyroid. Saya ingin menanyakan, sebaiknya apa yang harus saya konsumsi dan apa yang tidak boleh, untuk mecegah penyakit saya bertambah parah. Terima kasih, semoga Allah berkenan membalas amal sholeh mbak Rahma.

  8. Nahason says:

    Salam Kenal Mbak Rahma,
    Istri Saya 29 Tahun, dari hasil diagnosa dokter hyperthyroid,
    dileher sebelah kanan sudah membengkak 2cm x 1,5 x 2
    kita sudah dapat hasil lab
    T3 = 1.46 (0.6 – 1.81)
    T4 = 7.60 (4.5 – 10.9)
    TSHs = 0.130 (0.350-5.500)

    mohon advis untuk pengobatan selain operasi.

    terima kasih .

  9. darmawati says:

    Salam kenal mbak Rahma,

    Saya ingin tahu apakah gejala hypothyroid selalu disertai dengan pembengkakan kelenjar?

  10. Riri says:

    oh iya, thx mbak Rahma.. salah ketik ato salah baca kali..

  11. mei says:

    dear Mbak Rahma,

    sy mengalami pembesaran kelenjar gondok/struma. hasil tes lab nuklir:
    T3:1.7 ug/dl(normal:1.3-2.8 ug/dl)
    ft4:1.9 ng/dl (normal:0.8-1.9ng/dl)
    tshs(2 kali tes di tempat yg berbeda)
    :0.7 uIu/ml (normal:0.3-5.0 uIu/dl)(lab nuklir)
    hasil tes klinik tshs: 1.079 (normal:0.47-4.64 uIu/ml)
    kesimpulan dr hasil tes lab nuklir:
    struma multinodosa(nodul hangat non toksik) di leher kiri bawah dan kanan atas, dan harus dibiopsi/FNA untuk menentukan berbahaya atau tidak. tapi sy menolak,krn menurut artikel2 yg saya baca dari internet, FNA hasilnya belum tentu akurat.
    hasil USG:
    terdpt cairan kista dan nodul hangat
    oleh internist saya diberi vit B (warna oranye bentul tablet kecil,dikonsumsi 1 butir tiap hari di pagi hari),dan kontrol 6 bulan kemudian.katanya tidak berbahaya.
    tapi memasuki bulan ke-4, leher saya membesar, terutama yg kanan.

    adakah cara/obat tradisional untuk mengobatinya?

    terima kasih sebelumnya

  12. pewe says:

    saya juga penderita hiperthyroid sejak 5 tahun yg lalu.sempat putus obat dan sekarang mulai berobat lagi..
    umur saya 20th..tapi saya masih ngompol..apakah ada hubungannya dgn penyakit hiperthyroid??? lalu bgmn cara mananggulanginya??
    terima kasih..
    mohon ada balasan ke email saya juga..
    =)

  13. ASNA says:

    Saya cuma pengen tau mbak kenapa kita tidak boleh banyak makan bayam,terutama yang mengidap pentakit gondok?tetapi bila dalam keadaan pasien kurang zat besi gmn,kan dianjurkan makan bayam sbg zat besi?

  14. roza says:

    Dipikir-pikir sekarang ini mau makan repot juga ya, sebenernya memang dari zat yang terkandung di bahan makanannya atau efek samping dari proses penanamannya? bagaimana biar makan itu aman dan benar2 bermanfaat buat tubuh

  15. Indriati says:

    Saya mau tanya sama mba’ Rahma, kalo menurut dokter internist, tidak ada pantangan untuk makanan or yg lain (u/ penyakit hyperthyroid). apakah mngkin kita seumur hidup harus tergantung dari obat2x tersebut??

    terus untuk second opinion dokter apakah boleh??
    karena hystorical medicine dari awal sampai akhir ada di satu RS.
    aku sudah 5 tahun menderita hiperthyroid, tapi dokter mengatakan tidak perlu operasi.

  16. rudy says:

    saya mo tanya donk mba..

    apa sih penyebab kekurangan hormon tyroid?
    & bagaimana cara pengobatannya..?

    THX

  17. rahmawati says:

    Pertanyaan mengenai terapi hipertiroidisme dan hipotiroidisme dapat dijawab secara lengkap dan jelas dengan berkunjung BP GAKI (Balai Pengobatan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) yang ada di setiap daerah .. Sudah banyak kasus yang mereka tangani di sana.. mulai dari kretinisme, berbagai gangguan dalam belajar (kecerdasan), dan lain-lain.
    Matur nuwun..

  18. Anonymous says:

    AYU NE REEEEK

  19. darren says:

    salam kenal, saya darren mahasiswa,tinggi 165cm berat 60 kg.
    bagaimana caranya/makanan apa saja yang harus saya konsumsi saya dapat mengoptimalkan cara kerja hormon thyroid agar saya dapat mencapai tinggi maximal?
    thx^^.

  20. Mba Rahma, boleh tau ngga nama Indo alias nama gampangnya untuk Rutabagas, Crucifer, Brassicae dan Struma Cibaria agar gampang menghindarinya, dan daun peterseli, buah aprikot, serta prunes agar gampang nyari persediaanya. Maklum wong ndeso nih datang ke kota mau nyari di Mol mol wae. Mohon petunjuk ya Mba soale aku kena hypertyroid gara-gara tinggal di gunung. Rencana Minggu depan turun gunung. Tekaes.

  21. slam kenal….
    saya dari perguruanitnggi swasta di palembang…
    saya juga mengalami penyakit hypertyroid
    yang say inggin tanyakan apa benar jika benjolan ini di opersi kita tidak punya harapan hidup lagi….
    bagai mana cara mengatasinya supaya benjolan di leher saya tidak membesar…..terus obat apa yang harus di makan…..

    thx ^^^…

  22. mohon di balz ke alamat e_ mail saya
    tolong bgt….!!!!!!!!!
    masak seumur hidup ku selalu menghindar dari orang-orang or teman-teman………

    alamat email saya melkyandeska@yahoo.co.id

  23. Rahmawati says:

    Pertanyaan berkaitan dengan terapi medis, saya konsulkan dengan rekan saya. Sebentar ya..

  24. nugroho says:

    Yth. Mbak Rahma,

    Mohon infonya ya… gini leher sebelah knana pacar saya timbul benjolan kira2 diameter 3cm. Setelah dites ternyata kelenjar tiroidnya membengkak tetapi jinak jadi untuk diangkat tidak sesegera mungkin.
    Utuk sementara adakah jenis makanan lain yang dianjurkan dan harus dihindari?adakah jenis obat2an yg bisa menyembuhkannya?ataukah harus dioperasi?
    Terima aksih atas infonya dan saya tunggu balasannya y.

  25. leny says:

    salam mba rahma…

    saya didiagnosa kena hypertyroid 2 bln lalu,sejak itu badan saya rasanya tdk pernah menginjak bumi lagi,kepala selalu pusing dan jantung berdebar tak karuan,sama dokter cuma dikasih ptu sama fundamin E,dan sejak itu juga saya tidak merasa ada perbaikan kesehatan sama sekali,kalau boleh tau,makanan apa saja yg tdk boleh dimakan oleh penderita hypertyroid spt sy ?thx

  26. Rahma says:

    @ nugroho
    Makananan yang dihindari seperti yang saya tulis di atas ya. Mengenai obat dan tindakan operasi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

    @ Leny
    tidak menginjak bumi lagi? waaah, serem juga tuh
    Biasanya dokter memberi obat dan menyarankan untuk kontrol lagi untuk melihat apakah obat tersebut sesuai atau tidak. Mengenai makanan, saya sarankan untuk mengurangi makanan goitrogenik seperti artikel di atas, ok.

  27. sandra says:

    mba, apakah dgn operasi thyroid (gondok) sudah dibilang benar2 sembuh dan tidak akan timbul lg?? thks

  28. Patti says:

    Saya wanita usia 32 tahun belum menikah, divonis mengidap penyakit hyperthyroid, ada gondok di leher saya ukurannya 5 x 3 x 2 cm. Perubahan yang saya alami berat badan menurun dari normalnya 58kg menjadi 55kg dalam jangka 3 tahun, dan sampai sekarang tetap 54 kg. Saya ingin diet menghilangkan gondok, kemarinsaya coba diet berdasarkan hasil browsing internet di web women to women, baru 2 minggu, tapi belum yakin. Berkenankah Ibu atau Bapak menyarankan diet yang tepat untuk saya?

  29. vicky says:

    Gue salut ame lho, gue juga ngajar biokimia gizi and dietetik di akademi gizi surabaya, teruskan perjuangan kamu menyebarkan informasi gizi, Oh ya kalo boleh kasih saran, bahasa yg digunakan lebih di buat bahasa yg mudah dimengerti masyarakat awam, thank ya rahma, gue cuman sekedar ngasih saran, jangan marah OK.

  30. lusi says:

    gw suka ama topik yg kmu buat, terus berkarya ya………..

  31. eka says:

    emang ada hipertiroid yg tidak bisa sembuh tp hanya bisa dikendalikan oleh obat saja???thx

  32. nani says:

    salam kenal mba
    nama saya nani. saya wanita berusia 26 tahun. di leher saya baru – baru ini terdapat benjolan. saya bingung benjolan apa itu. pernah saya periksakan ke dokter. yang katanya daging tumbuh tapi itu juga belum yakin katanya saya harus di tes dulu ke ahlinya. nah yang ingin saya tanyakan ke dokter apa saya harus tanya mengenai penyakit saya ini ?

  33. nani says:

    salam kenal mba
    nama saya nani. saya wanita berusia 26 tahun. di leher saya baru – baru ini terdapat benjolan. saya bingung benjolan apa itu. pernah saya periksakan ke dokter. yang katanya daging tumbuh tapi itu juga belum yakin katanya saya harus di tes dulu ke ahlinya. nah yang ingin saya tanyakan ke dokter apa saya harus tanya mengenai penyakit saya ini ? mohon di blas ke amail saya

  34. ayani says:

    Ass, Mb Rahma,Saya mau tanya kemaren tgl 4/8/08 saya oprasi struma tyroid dari hasil patologi adalah CARCINOMA PAPILER TIROID ini seberapa bahayanya? Pengobatan yang terbaik untuk pencegahan lebih lanjut gimana ya mb? Asupan makanan yang baik buat saya apa ya mb? Dan makanan yang sebaiknya saya hindari itu apa? Trimaksih banyak ya Mb, aku lagi bingung nih, help me please!!!!!

  35. Sugianto says:

    salam kenal Mbak Rahmawati..

    saya ( pria 32 thn ) terkena hipertiroid sejak Februari 2008 dan sudah minum obat PTU ( 3x sehari )dan Inderal 10 mg( 1 x sehari ) sampai sekarang ini.
    yang mau saya tanyakan:
    hasil lab T3, T4, FT3, FT 4 semua sudah dlm kondisi normal, tetapi untuk TShs masih menunjukkan angka ( < 0.007 ) dan berulang kali saya periksa Lab hasil untuk TSHs selalu tidak normal. apakah saya harus mengganti obat yang saya minum ?
    karena menurut dokter untuk TShs itu biasanya ada hubungan dgn faktor kejiwaan, misalnya saya tipe orang yang suka terburu2x, dan suka stress itu akan mempengaruhi Tshs saya. apa betuk demikian ?
    Apakah Hipertiroid dikarenakan orang yang suka minum teh atau suka makan makanan yang asin atau mengkonsumsi garam terlalu berlebihan?

    saya tunggu jawaban dari Mbak Rahma…

    Terima kasih banyak..

  36. bagus says:

    salam sejahtera Mbak,

    Saya ( pria ) berusia 42 tahun
    Mbak Rahma saya menderita hypertyroid dengan hasil test laboratorium beberapa bulan yg lalu T4 total 19,5 kemudian jantung berdebar lebih cepat dan oleh spesialis jantung diberi obat tyrosol 10 ml ( 1 butir 2x / hari ) selama kurang lebih 2 bulan .
    Setelah itu T4 total saya turun menjadi 12,5 dan obat tyrosol 10 ml dilanjutkan ( 1 butir / hari ) karena saya banyak tugas luar kota saya jadi lalai dan obat saya hentikan selama 1 bulan… jantung saya kembali berdebar lebih cepat dan hasil test laboratorium nya T4 total saya menjadi 20,3 kembali saat ini ssya oleh dokter spesialis jantung diberi tyrosol 10 ml ( 1 butir 2x / hari ) dan sudah berjalan 3 bulan
    Pertengah Oktober nanti saya akan kembali test laboratorium u/ di periksa
    Mbak Rahma yang ingin saya tanyakan kepada Mbak , makanan alami apa yg membantu menurunkan hyper tyroid saya sehingga tidak perlu bergantung pada obat2an ?
    Dan apakah yang menyebabkan serta pencegahan hypertyroid tersebut ?
    Dan apakah bisa disembuhkan tanpa kambuh kembali ?

    Mbak Rahma terima kasih banyak atas segala bantuan dan informasinya

    Bagus
    di Surabaya

  37. adlim says:

    Saya menderita hipertyroid, tapi tulisan di atas kurang saya
    pahami, apa sayuran yang disebutkan untuk dimakan atau
    dihindari? juga untuk penderita hypertyroid atau hypotyroid,
    terima kasih

    salam

  38. rini says:

    saya berumur 27 thn,belakangan diketahui bagian leher agak membesar..setelah tes darah ternyata kreatin 0,44 TSHs<0,001 FT4 8,78.Kata dokter kelebihan hormon,skrg makan obat.memang berat badan saya bertambah tapi
    saya mau tau apakah berat badan saya bisa kembali turun normal lagi nantinya.
    mohon diberi penjelasan atas hasiltes dan bagaimana penyembuhannya..
    terima kasih

  39. wulan says:

    Saya terkena hypertyroid sejak 3 tahun lalu, mata saya menonjol terutama sebelah kanan jd lebih besar. Terapi atau jalan apakah yang bisa buat mata saya kembali normal?
    Saya ingin tanya sama mbak sari yang senasib dengan saya, katanya ada dokter yang bisa dengan disuntik tiap 1 minggu sekali… dokter mana? dan apakah sudah ada hasilnya?
    thanks

  40. dhiya says:

    saya perempuan 26 tahun, telah menikah 2 tahun, belum pernah hamil.. diketahui menderita hypertiroid sejak kurang lebih 10 bulan yang lalu.
    apakah penderita hyperthyroid mengalami kesulitan hamil/mandul?

    atas jawabannya terimakasih.
    semoga dicatat sebagai amal kebaikan bagi mbak.
    amin

  41. ciwir says:

    good information…
    ngomong2 tentang gizi, disini (http://santrisolo.wordpress.com/2008/10/16/gizi-vs-gengsi/) atau juga ada disini (http://www.kaum-biasa.co.cc) ini ada 2 jenis makanan, menerut mbak rahma mana yang lebih bergizi ya?

    salam kenal…
    o ya, minta ijin di/nge-links blog ya? boleh to?

  42. denisp151@yahoo.com says:

    dicoba dengan tanaman ciplukan/cecenet, direbus dari 3 gelas menjadi 1 gelas diminum setiap malam, lumayan debar jantung, tangan bergetar hilang semua…saya sekarang terus meminumnya..dan thyrozol 10 gr saya coba hentikan ..

  43. ray cahyasari says:

    Assalamualaikum wrwb..Salam kenal mbak rahmawati..Saya ray di bukittinggi,sumbar.Usia saya 27 tahun.Saya juga seorang penderita tiroid yang baru saya ketahui sejak bulan agustus 2008.Sebelumnya saya sering sakit2an seperti demam,sakit kepala,pegal2 sejak kecil..Pertumbuhan saya juga tergolong kurang sehingga ibunda saya sering membawa saya ke dokter dari dokter umum ,sp anak (di usia 18th),sampai sp.paru dan sp internist.Saya hanya mendapatkan jawaban bahwa saya menderita gejala typoid (walaupun hasilnya saya tau negatif) atau di katakan kurang suplai makanan yang bergizi sampai faktor kelelahan “katanya”.Namun semua usaha saat itu belum mendapatkan hasil dan hingga kini saya hanya bertahan dengan keadaan ini.
    Suatu saat saya kembali demam namun di sertai pembengkakan pada leher t.u sebelah kanan.Dan kembali saya periksa,lalu dilakukan tes USG,dan tes T3-T4.Lalu di dianosa benar adanya penyakit itu.
    Yang ingin saya tanyakan :
    Apakah penyakit ini menular..?
    Apakah penyakit ini dapat di sembuhkan total ataukah akan selalu kambuh..?
    Apakah penyakit ini berhubungan dengan penurunan IQ penderita..?Karena saya merasakan ingatan saya semakin melemah..sering lupa dan kurang tanggap..
    Lalu..saya juga pernah tahu dari seorang penderita yang sudah terlanjur besar pembekakannya (dan di sertai sakit2an) bahwa ia tidak bisa di ops. karena sudah mengganas.Apakah ini dapat di sembuhkan atau setidaknya menekan pertumbuhannya..?Dan apa yang terjadi apabila penyakit ini di biarkan saja..?Akankah membahayakan nyawa penderita..?
    Terimakasih sebelumnya ya mbak..wasslm

  44. rudy says:

    adakah obat yang bisa menyembuhkan hypertheroyd soalnya ibu saya takut untuk operasi & biayanya mahal mohon bantuanya.terima kasih

  45. Jo says:

    Penyakit hipertyroid adlh penyakit yg butuh kesabaran dan telaten dalam terapi obat. Pengalaman saya dari hipertyroid yg terapi tidak teratur menyebabkan penyakit lain, sampai keropos tulang shg hrs mkn obat tulang actonel s/d 1 tahun. Jantung yg berdebar kencang sampai berdiri gemetaran hampir 3 bulan. Krn tdk teratur hrs diobati berulang-ulang s/d 10 thn sdh penyakit itu masih ada sampai sekarang.

  46. ayduren says:

    kalau makan teme and tahu gimana khan bahannya jg kde kedelai???? boleh ga??

  47. Anonymous says:

    Mbak rahma..saya wanita berumur 33thn,saya didiagnosa mengidap hypertheroid,gejalany k2 bola mata sy sudah mnonjol,jantung bdetak cpt,gemetar,saya sudah memiliki 1anak,sy diberi obt thyrosol dminum shari 1tblet,sy mengonsumsinya sudah 3tahun,
    apakah sy perlu operasi,dan ada jalan lain slain operasi?sy ingin memiliki anak lg,apakah itu memungkinkan?dan sy minta advice dokter untk menangani pnykit sy,namun dkter yg di bndung!terimakasih mbak rahma,mhn dreply k email sy

  48. Anonymous says:

    Ass mbak rahma sy seorang istri berumur 33 th dgn 1 org anak sy punya hyperthyroid kedua mata sy sdh menonjol,jantung berdebar,gemetar sering sekali emosi sy sdh minum obat thyrozol 5 mg dr dok slm 3 th sehari 1x, apa ada kemungkinan mata sy bs normal lg n bs hamil lg, apa perlu sy d operasi, dan sy mnt advice nya u dok yg bs menyembuhkan penyakit sy ? Thx buat waktunya tolong d reply k email sy

  49. jeany says:

    ass..saya cewe berusia 18 tahun..
    mbk belakangan ini hidup saya menjadi agak stress..karena beberapa orang yang ada disekeliling saya mengatakan kepada saya..” leher saya kayaknya ada pembesaran kelenjar gondok”,,,,memang tidak terlalu tampak kata mereka….

    tapi memang sudah lama leher saya bentuknya memang begini..yang ingin saya tanyakan apakah ini memang terjadi pembesaran kelenjar gondok…pada leher saya….apa memang ukuran leher saya mbk..
    mbk saya berharap mbk bisa bantu saya…dan beri jawabannya…

    tks…!

  50. endang says:

    Assalaa m alaikum mba n smua.
    mba, sy ibu rumah tangga berusia 37 thn. sy da py ank 3. ada keluhan yang sy rasakan kurang lebih da 5 thn, namun belum tau apa itu. sy sering batuk, rasanya tenggorokan ku serba salah. nelan makanan kerasa nyangkut, menyebabkan batuk yang sulit berenti. sy juga cepat lelah, terkadang jantung berdebar. tapi batuk itu sangat membuat sy menderita dan sudah banyak obat batuk yg sy konsumsi, tapi ga ada efek.
    mba, bisa kasi tau sy apa penyakit yg seneng ma sy tsb. makasih ya.

  51. Muliadi says:

    Halo Bu,nama saya muliadi saya berusia 26 th dan tinggi/berat 168cm / 45kg. dan di leher saya sedikit ada benjolan. Kira2 1 tahun yg lalu jantung saya berdebar2,sesak nafas,tangan dan kaki gemetaran,sering kesemutan,dan tidak tahan dingin. kena ac ga lbh dari 30 menit udah mengigil kedinginan, dan kalo lari2 kecil krg lbh dgn jarak 10m nafas saya sudah ngos-ngosan.
    Saya menjalani hidup normal,tidak pernah merokok,miras,narkoba.
    hasil periksa darah saya normal semua. Free t3,t4 dan TSH normal semua.
    Dokter mengatakan bahwa di leher saya ada tyroid kecil,tp hasil periksa darahnya normal jd saya tidak di beri obat.
    Kalo boleh tau kira2 saya menderita Hyper ato Hipo Bu?
    Dan tiap hari saya makan nasi 4-5x sehari,makan banyak tp tetep kurus.
    Jadi saya mohon saran sama Ibu apa yg harus saya lakukan agar saya dapat sembuh, tahan dingin dan memiliki tubuh yang lebih berisi.
    Tolong Ibu jelaskan melalui email saya,atas perhatiannya dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  52. omyosa says:

    INI DIA SOLUSI SEHAT DGN AIR SEHAT & DPT UANG TIAP BULANNYA, TERBUKTI!
    “Ini dia solusi penyembuhan dan pencegahan bermacam penyakit, tanpa obat, tanpa suntik, tanpa operasi, tanpa bahan Kimia, tanpa bahan pengawet, baik sekali untuk kesehatan jantung, ginjal, paru-paru dan lain-lain. Aman bagi segala usia, tidak ada efek samping.
    Selain itu, raih kesempatan besar dengan bergabung bersama kami di bisnis baru berbasis jaringan ini, dengan system termudah, dijamin setiap member yang tergabung nantinya dipastikan benar-benar pasif income. Ambil peluang sedini mungkin, berpacu mengembangkan bersama dan meraih kebebasan finansial bersama-sama”.
    Saya setuju dengan artikel diatas. Untuk melengkapi, saat ini sudah diproduksi air murni dengan kadar meneral anorganik rendah dan memiliki kandungan oksigen yang tinggi, yang mampu dan dapat dijadikan alternatif pilihan untuk HIDUP LEBIH SEHAT.

    Mulailah hari ini hidup sehat dengan mengganti konsumsi minum anda sehari-hari dengan OXY Drink Water, yang merupakan air murni beroksigen tinggi yang dapat dijadikan alternatif pemeliharaan kesehatan, penyembuhan berbagai penyakit, juga mampu meningkatkan energi tubuh (termasuk meningkatkan kemampuan sex bagi pria dan wanita). Cukup 2 botol (388 ml)per hari pagi hari bangun tidur, dan malam hari menjelang tidur ketika perut dalam keadaan kosong.

    Terima kasih.

    omyosa : 08159927152

  53. Muliadi says:

    Bu maaf,tolong dikirim e-mailnya lg yg kmrn tidak bisa di buka.
    terima kasih.

  54. sani says:

    usia saya 30 tahun dua tahaun yang lalu saya pernah mengalami aritmia hebat detak jantung sampai 200 permenit, akhirnya dokter jantung bilang saya hyperthyroid dg tsh-s: <0,001 dan saya sudah terapi obat thyrozol sama propanolol dua tahun, solusi supaya thyroid bisa normal tanpa operasi ada mbak? thanx GOD BLESS U WASSALAM

  55. Arienda says:

    Ass,
    mb,ne aku Arie
    mb rahmawati,budhe saya dah meninggal 3 bln yg lalu gara2 suatu penyakit.katanya penyakit kelenjar di leher.klo kumat,lehernya terliat bengkak dan terasa sakit bgt .beliau dah sering keluar-masuk RS tp knyataannya beliau malah meninggal.Sebnrnya pa kah klenjar itu termasuk salah satu pnykit yg d’sebabkan oleh klenjar tyroid?jazzkill…….

  56. kurniawan says:

    haloo semua, lam kenal
    saya jug penderita hypertiroid sekitar 5 tahunan, pertama-tama yang saya derita adalah pembekakan di mata. saya berobat ke husada, waktu itu saya di beri obat neomercazoal dan propanolol. rutin memakainya, kondisi badan memang lebih baik, dan berat badan pun sempat naik 5 kg. namun karena setelah 3bulan saya tidak rutin ( juga karena obatnya mahal dan harus minum setiap hari …^-^), sakit itu datang lagi, yang ingin saya tanyakan pada forum ini, apakah memang harus setiap hari kita memakan obat itu, terlebih dokter bilang terapi ini harus berjalan sekitar 1 tahun. mau jadi “obatholic”…….???. Saya sering sharing di internet katanya “ciplukan”, obat alami bisa menyembuhkan hipertiroid, apa memang benar …???
    apakah sekarang ada yang jual ekstrak ciplukan ..??, gmana cara pemakaiaannya …??? thanks atas semua respon dan jawabannya…!!!

    Saling berbagi, saling mengerti, saling sehat jasmani …thanks all … ^-^ (tjoa.kurniawan@gmail.com)

  57. Eddy says:

    ass. wr.wb. mbak rahma, sy berumur 45 thn. menurut dokter sy terkena penyakit hyperthyroid, gejala yang sy rasakan jantung berdebar, keringatan terus menerus, kaki gemetaran, ngos-ngosan, mudah capek.

  58. Eddy says:

    ass. wr.wb. mbak rahma, sy berumur 45 thn. menurut dokter sy terkena penyakit hyperthyroid, gejala yang sy rasakan jantung berdebar, keringatan terus menerus, kaki gemetaran, ngos-ngosan, mudah capek dan berat badan menurun. saya sudah 2 tahun terakhir ini memakan obat PTU 5 mg diminum setiap 2 x sehari. Yang saya tanyakan ke mbak apakah ada solusi yang terbaik untuk penyakit saya ini ? trims sebelumnya.

  59. R says:

    Dokter yang ahli hormon namanya endocrinologist, di bandung ada Professor nya ketua perkumpulan thyroid se Indonesia, praktek di RS Borromeus, Prof Johan S Mashjur, wakilnya Prof Slamet Suyono ada di RS PGI Cikini

  60. nnk says:

    salam kenal,
    saya 35 th dan sudah setahun lebih menderita hyperthyroid dan beberapa bulan yg lalu hasil lab menunjukkan normal dan obat tetap saya minum sesuai anjuran dokter tapi sudah satu minggu ini saya telat datang bulan dan ternyata saya positif hamil lagi yg mau saya tanyakan bagaimana nanti janin saya apakah bisa sehat?
    terima kasih

  61. Mery says:

    Namaku Merry sudah 7 bln ini saya mengidap penyakit tyroid, saya mengkonsumsi PTU dan jika jantung saya berdetak cepat saya minum obat propanolol setiap hari juga dan minum obat tradisional sperti Benalu yang tumbuh pada dahan langsat. saat ini saya sedang mengadung 1,5 bulan, apa penyakit saya berpengaruh pada bayi yang saya kandung dan bagaimana caranya supaya bayi saya tidak tetanggu pertumbuhannya mengingat saya mengonsumsi obat tiap hari? Mohon petunjuknya dari dokter atau teman – teman yang mempunyai penyakit yang sama dengan saya. Tuhan memberkati.

  62. Neneng hasanah says:

    assalamu’alaikum…. Halo rekan rekan salam kenal smua. Sy wanita umur 31thn, thn 2003 sy pernah menderita skt hipertiroid rutin brobat smp dnyatakan sembuh thn 2004. Dan alhamdulillah tiroid sy tdk pernah kembali stlah sy mengkonsumsi produk alami ini….malah bdn sy smakin sht, tdk gampang sakit. Dan alhamdulillah sy telah dkaruniai 2org anak. Jika rekan2 berminat tuk mengetahui produk ini silahkan kirim email ke naflah_08@yahoo.com insyaallah sy kan membantu

  63. irena says:

    @bu mery,
    selama anda mengkonsumsi PTU dlm jmlh yg sangat rendah, bayi anda tidak akan apa2. jangan lupa jg utk rajin tes hormon t3 n t4nya utk mengetahui apa slama hamil ini hormon tiroid anda dlm batas normal, jd pendek kata selam a hamil ini harus tetap rutin juga utk memeriksakan diri ke dr internist. pas bayinya lahir nanti jgn lupa di screening hormon tiroidnya (dgn cara tes darah simpel)

  64. EUIS KOMALASARI says:

    saya umur 34 thn, di vonis Hyper Thyroid
    dan harus konsumsi obat selama 4 thn,
    obat yang di konsumsi propranolol & neomercazole
    saya baru 2 bulan konsumsi obat nya.
    apakah hyper thyroid akan semakin membesar meski kita konsumsi obat

  65. arnold says:

    Salam kenal Mbak Rahma. Nama saya arnold. saya ingin menayakan penyakit yang di derita kakak saya yaitu Hipertyroid. Bola mata kakak saya itu agak menonjol keluar, trus berat badan berkurang derastis. Katanya dia ingin operasi, tapi saya takut kakak saya tidak sanggup fisiknya karena kurus. Yang ingin saya tanyakan Mbak, apakah kakak saya harus di oprasi dengan keadaannya yang sudah saya utarakan di atas?, yang kedua apakah kakak saya bisa sembuh tanpa operasi?, yang ketiga Mbak, apakah Mbak pernah melihat orang yang terkena penyakit Hipertyroid bisa sembuh?. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ya Mbak atas perhatiannya. Mohon balasannya ya Mbak!!!

  66. edy s says:

    selamat dan salam kenal untuk mbak rahma,saya edy 47 th.(TUBAN). anak kedua saya 6th hiperaktif, pernah saya terapi di YPAC solo selama 3bulan (okupasi dan terapi bicara) karena jarak tempuh membutuhkan waktu 5 jam(mungkin kepayahan) maka sepeerti tidak ada perubaHhan kemudian saya periksakan di Balai Penelitian GAKI di Magelang dan disarankan tes darah T3 dan T4 hasilnya anak saya T4 normal tetapi T3 5,3 sedang normalnya 2,8 kemudian disarankan terapi selama 3-6 bulan, tetapi karena jarak dengan terpaksa terapi belum saya laksanakan, mohon mbak Rahma beri solusi untuk kesembuhan anak saya. sampai saat ini anak saya belum bisa diajak komunikasi(belum bisa bicara)gak mau diam,kadang tidurnya malam,seperti tdk punya rasa takut,senang bermain air. Saya pernah diberi saran teman untuk memberi semacam plester penyerap racun yang ditempel ditelapak kaki. Mohon dengan sangat saran mbak Rahma, terima kasih sebelumnya.

  67. disease says:

    Kayaknya perlu hati2 dalam memilih menu makanan neh..salah pilih bisa menyebabkan terpicunya penyakit yg tidak diinginkan…makasih atas postingannya…😀

  68. nuryanah says:

    mbak yang baik… ada nggak hypothyroid tanpa operasi, apa sih jenis obat yang harus dikonsumsi pasient

  69. nung says:

    salam kenal
    mba saya juga pengidap hyperthyroid, tapi saya sudah menjalani operasi dengan lancar, cuma saya rasakan sehabis operasi bukannya saya semakin sehat tetapi sering sekali sakit, daya tahan tubuh saya tidak seperti dulu lagi cepat sekali terkena flu dan berat badan saya tetap saja tidak ada peningkatan bisa di katakan kurus sekali padahal saya sudah mengkonsumsi vitamin ,makan dan istirahat teratur, menurut mba apakah saya masih sakit dan saya harus bagaimana ……trimakasih sebelumnya

  70. rozi679 says:

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kubis yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  71. ririn says:

    hi saya juga sudah 4 thn ini lo kena hipertyroid
    wuuuuuhhh kualitas hidup jd turun memang
    saya atlet nasional yg trepaksa berhenti krn penyakit ini
    tapi saya mau sembuh
    setelah 4 thn berobat n masih sering kambuh jika saya terlalu capek ato pikiran yg yg serius utk itu dokter menyarankan alternatif lanjutan yaitu radioblast dgn nuklir tapi dokter malaysia yg saya kenal menganjurkan operasi..mana yg baik ya…??
    saya malah tidak tau klu brokoli n bayam tidak baik
    yg saya tau hanya kubis saja
    knapa dokter endokrin saya tidak bilang ya…
    nah setelah
    mb rahma makasih ya tentang artikelnya diatas
    buat mb nung yg habis operasi mungkin ketika operasi kelenjar paratyroidnya terangkat mbak,itu dia knapa dokter saya tidak menyarankan saya utk operasi krn takut terangkatnya kelnjar yg hanya sebesar biji beras ini.

  72. Ragil says:

    saya pederita Hoperthyroid, perut saya terasa panas, jadi ngelisah, tolong gimana caranya mengatasinya dan mengobatinya,…??? balas ke E-mail saya, trima kasih

  73. ayu says:

    salam kenal mba rahma,
    saya ayu 34 tahun saya ingin menanyakan penyakit saya graves -hyperteroid saya sudah
    4 bulan terapy ke dokter memang ada perkembangan lebih baik dokter bilang saya harus terapy selama 1 tahun tapi yang jadi masalah mata saya sebelah kanan besar dan lebih menonjol tidak ada perubahan walaupun 4 bln terapy tapi mata sebelah kiri normal dokter
    manganjurkan harus operasi mata tapi saya tidak ingin operasi jikalau ada jalan yang terbaik tanpa operasi karena saya dapat informasi mata ini akan normal kembali jika gondoknya hilang
    tapi gondok saya memang ada walaupun kecil seperti sayap kupu-kupu ditengah leher , yang saya ingin tanyakan,
    1. makanan – dan minuman apa saja yang memicu dan harus menghindari dari penyakit graves – hyperteroid
    2.terapy makanan -minuman apa yang bagus untuk penyembuhan penyakit graves-hyperteroid
    3. bagaimana untuk menyembuhkan mata dan gondok saya supaya normal kembali tanpa operasi / apa ada obat herbal untuk menyembuhkannya supaya matanya normal
    terima kasih mba rahma, segera bantuan dan informasinya saya tunggu

  74. Anthie says:

    Lam kenal semua. Mbak rahma saya anthie 29 thn. Saya menderita hypertyroid sejak 1 tahun yg lalu. Saya sdh mengkonsumsi ptu n propanolol. Tp karena saya hamil saya menghentikan minum obat. Skr jntung sy berdebar, mudah capek, sesak nafas, keringatan. Mbak diet apa yg bisa menurunkan kadar hormon T3 n T4? Mohon d balas ke email saya. Makasih mbak

  75. sanityasa hanggana raras says:

    asslm.
    salam kenal, sy raras. sy punya adik, sudah satu tahun ini terkena hypertiroid.
    pengobatan sudah dilakukan tapi tidak terjadi perubahan pada gondoknya, malah semakin membesar. berat badannya juga semakin turun, padahal konsumsi makan juga sudah banyak.
    selain itu, dia juga menderita leukimia sehingga tdk boleh mengkonsumsi sea food. pdahal kadar protein pada sea food sangat tinggi dan mengurangi pembessaran tiroidny.
    bisa beri saran, bagaimana diet yang tepat untuk adik saya???

  76. Ivon says:

    Hi Mbak,saya senang sekali baca artikel nya, jd saya tau makanan apa yg harus n ga boleh
    saya penderita tyroid dari 2008. Hypertiroid.saya suka emosi,marah2.tangan keringatan,kaki juga,apakah udang n kangkung yang saya makan yang mempengaruhi ?
    Dulu saya pake dokter spesialis penyakit dalam, saya di kasi PTU,jantung saya juga denyut nya cepat sekali 120/menit padahal daklam keadaan diam

    Sya agnti dokter lagi, Prof karna saya pikir mungkin pengalaman nya lebih, saya d kasi Thyrozol 10mg 4x sehari,2 bulan kemudian tes nya bgs, menurun.tp skg naek lagi….saya putus asa jadi saya stop kan semua nya,

    apakah gule & sate kambing tdk baik buat tyroid ?

    Terima kasih

  77. juan says:

    maaf aku minta tlg penyelasan tentang istri aku yg lg hamil 3 bln dia kena hypertiroid.
    yg aku tanyakan gimana pengaruh pada bayi saya nanti masalahy istriku selalu minum obat2 tyroid….

  78. roste says:

    Untuk penyebab thyroid, yang dilakukan pada hewan percobaan apakah pernah diujikan ke manusia? Karena kedelai, sebagai salah penyebab, justru sangat banyak manfaat dari segi kesehatan. Oleh karena ini mohon diinfo soal dosis yang diberikan. Jadi tidak seolah-olah dengan konsumsi jenis pangan itu, efeknya sebagai anti thyroid. Mentah / masak. Bahkan protein inhibitor dari kedelai, setelah diteliti, bisa menyembuhkan cancer yaitu lewat mekanisme enzim protease.

  79. Fendy says:

    selamat siang ibu rahma..sya mau tanya,apa saja makanan yg dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita gondok? baik yang hipertiroid maupun hipotiroid..apakah hanya yang ibu sebutkan diatas saja?sebelumnya sya ucapkan terima kasih..

  80. dewa says:

    mbk rahma,,, temen saya punya penyakit gondok beracun, katanya penyebabnya minuman seperti marimas dll. yang saya tanyakan apa obatnya dan apa saja makanan dan minuman yang di anjurkan dan di larang bagi penderita ???????
    tanpa harus operasi mbk ???
    trimakasih..
    dewa ngawi,

  81. nopviana says:

    Saya (25) menderita hiperthyroid. Kronologis seperti di bawah:
    Karena siklus menstruasi saya yang tidak teratur, saya melakukan chek-up ke dokter SPOG…kemudian saya banyak mengecek darah dan ternyata saya menderita hiperthyroid.
    Oleh dokter spesialis endokrin, saya di beri obat propranolol 10mg dan thryrozol 10mg. Sekarang saya sedang mengkonsumsi obat tersebut.
    Namun, karena haid saya dalam bulan ini tidak kunjung, dokter SPOG memberikan saya primolut.
    Saya ingin bertanya, apakah propranolol, thyrozol saya minum bersamaan dengn primolut itu diperbolehkan? Efek samping obat2 tersebut itu apa ya?
    Saya tunggu respon nya ya.
    Thank you

  82. Obat herbal says:

    TERIMAKASIH INFORMASINYA

  83. ian yuntiwa says:

    salam kenal buat semua nya
    nama saya ian (pria/32 tahun) sejak 2009 sy terkena hipertyroid,..dengan gejala2 sebagaimana disebutkan kawan2 di atas.

    pengobatan di awal2 dengan minum Tyrozol dan multi vitamin,.serta obat buat jantung lupa lg namanya. 6 blan setlah rutin minum Tyrozol Tyroid saya berangsur2-angsur normal, dan setalah 8bln akhirnya penggunaaan obatnya saya hentikan karena merasa sudah sehat.

    tetapi satu bulan kemudian kadar Tyroidnya naik lagi. akhirnya ke dokter kagi minum Tyrozol lagi,..jadi kalo sy berhenti minum Tyrozol,. hiper tiroidnya selalu kambuh.

    akhirnya setelah konsul ke dokter di RS. hasan sadikin,.beliu menyarankan minum perasaan lobak putih tiap pagi,..lobak nya di parut,..lalu parutannya disaring airnya dan di minum sehari sekali tiap pagi.

    setelah rutin selama 4 bulanan minum persaaan lobak, Alhamdulillah tiroid saya normal,.bengkak di leher hilang, jantung berdebar tidak lagi. dan sekarang saya minum perasaan lobak hanya sekedar buat jaga2 saja seminggu paling satu kali.

    mungkin ini bisa membantu teman2 yang mengalami hipertiroid.
    selamat mencoba dan sehat

  84. Anonymous says:

    Thanks bgt buat info nya, di peras, jd d parut gt yach mbak ? oke mbak saya akan coba

  85. elya rosa says:

    salam kenal, sy di diagnosis menderita teroid. yg sy ketahui katanya penderita teroid mengalami penurunan berat badan (kurus) tp berat badan saya malah bertambah dr sebelumnya sy 48 kg sekarang menjadi 59 kg dengan tinggi badan 160 cm. dan mengapa mata saya kelihatan agak keluar sedikit??? apa makanan yg harus sy hindari??? sampai sekarang sy masih mengkonsumsi obat 2 x sehari PTU 100 dan PROPONOLOL. thanks to reply

  86. Anonymous says:

    Hai Mba Rahma,
    Ada referensi dokter kandungan yang bisa menanggani tiroid? Saya pernah operasi tiroid, mau berencana hamil. Kira2 ada referensi dokter khusus untuk itu?

  87. Anonymous says:

    Hai Mba Rahma,
    Ada referensi dokter kandungan yang bisa menanggani tiroid? Saya pernah operasi tiroid, mau berencana hamil. Kira2 ada referensi dokter khusus untuk itu? bisa minta tolong reply ke email: e.puspitasari@ymail.com Terima kasih banyak.

  88. syarifudin says:

    Istri saya berusia 36 Thn, menderita thyroid di sebelah kanan. Mengkonsumsi obat dari dokter tidak ada perubahan,dan dianjurkan Dokter untuk dioperasi. Pembesaran thyroidnya sebesar telor ayam kampung. Mohon sulusi pengobatan selain Operasi ?

  89. nida says:

    hai mbak rahma….
    saya mau tanya apakah benar memakan tahu dan bayam secara bersamaan tidak boleh karena dapat membentuk senyawa yang dapat mengakibatkan terbentuknya batu / kista dalam tubuh…
    mohon jawabannya kirimkan ke email saya…
    terimakasih….

  90. siswo says:

    saya hyper tyroid, tp badan malah lebih kurus dan tanpa ada benjolan di leher, jenis apa ini? trimakasih

  91. Anonymous says:

    saya penderita hipertiroid selama 12 thn. malah saya sdh vitiligo krn hipertiroid ini. saya down bgt karenanya. btw, gmn cr spy sembuh. saya capek udh berobat kemana mana n minum sgl suplemen.

  92. Mimi says:

    Salam kenal mbk .saya wanita ,umur 33 thn.melalang buana smpai ke hong kong.setahun yg lalu tiba2 badan sya terasa lemas,haid tdk teratur smpai 4 bln blm dtang,jntung berdebar cepat. keringetan dn ada benjolan d leher ,tagan gemetar.mta jg seperti melotot saya .kmdian sya d tes darah .dn ternyata hasilnya menunjukan sya kena hiperteroid.dan sampai skarang sya masih rutin ke rumah sakit ,dri awalnya sya minum obat sehari 12 butir,dan skrang sehari cma 1 butir .dan dok ter megatakan kondisi sya sudah cukup membaik.yg igin sya tanyakan walaupun kondisi sya membaik dan gejala yg sya rasakan dulu sudah tidk lgi sya rasakan.tp mengapa benjolan d leher tetep ada,apakah harus operasi.terima kasih jawaban dan waktunya

  93. koepri says:

    Tulisan diatas tidak jelas maksudnya, Gondog/tiroid itu ada 2 jenis, Hipotiroid dan Hipertiroid.,apa penyebab-penyebab penyakit tsb dan bagaimana mengobatinya ? Pasti berbeda penyebab pengobatannya.

  94. koepri says:

    Apa obat yang mujarab untuk penyakut hipertiroiApa obat yang mujarab untuk penyakut hipertiroiApa obat yang mujarab untuk penyakut hipertiroiApa obat yang mujarab untuk penyakut hipertiroid.

  95. yen says:

    salam kenal mba… sy penderita hipertiroid sudah selama 1 tahunan. dan setelah berobat sudah membaik, akan tetapi sekarang dokter menganjurkan tes darah FT4 ulang karena TSHs menurun. setelah diperiksa hasilnya FT4 0.97 dan TSHs 0.340. gimana menurut mba kondisi saya sekarang? terapi apa yang harus saya lakukan? karena rambut saya sekarang cenderung rontok. saya khawatir dengan kondisi saya. dan apakah saya boleh ikut terapi nuklir? karena informasi yang saya dapat bahwa dengan yodium nuklir bisa menyembuhkan tiroid. thanks….

  96. Sully Dewi says:

    Salam, maaf mau menanyakan apakah produk herbalife baik dikonsumsi utk penderita hypertiroid sprt sy? Terima kasih, oh ya apk anda mempunyai PIN BB, agar mudah buat sy utk berkonsultasi… Tlg invite pin:27D09B07 kalo ada BB, terima kasih

  97. mommyjojo says:

    Mba Rahma yg baik, saya ada nodul tiroid yg timbul setelah melahirkan 4tahun yang lalu. Sudah pernah cek ke internist, hormon tiroid & thyroglobulin dalam batas normal, hanya kelainan bentuk tiroid saja. Skrg saya berencana utk menambah momongan kembali, utk wanita yg mengalami kelainan tiroid harus konsumsi apa supaya bisa hamil ya? terimakasih untuk kesediaan nya menjawab, terimakasih

  98. wati says:

    Salam kenal..saya wanita berumur 30 thn baru 2 bln ini menderita Hypertiroid..dgn dokter dikasih Tyrosol 10mg dimnm sehari 2×1…badan mudah capek..ngos2an dan leher trus membesar walaupun udah minum obat selama 2 bln…dokter blg kemungkinan tdk bs mengecil..dan jln satu2 nya dibuang…yg ingin saya tanya kan apa tidak ada obat atau alternatif lain utk memperkecil tiroid saya..kemudian sebulan yg lalu muncul benjolan di leher saya..kata dokter infeksi kelenjar getah bening..apa ada kaitannya dgn hypertyroid?thanks mohon jawabannya ke email saya

  99. Salam kenal juga, Ibu Wati.. Saya bersimpati dengan Ibu.. Tapi mohon maaf saya tidak berkompeten menjawabnya, bila Ibu masih kurang puas dengan terapi dari dokter yang kemarin, Ibu bisa cari second opinion ke dokter lainnya ya.. Semoga cepat sembuh ya, Bu.. Mohon maaf dan terima kasih telah berkunjung..

    Salam🙂

  100. @12011979 says:

    Salam kenal dari kami endik s….Pasuruan jawa timur….yang terhormat ibu rahmawati sy ingin konsutasi kepada ibu mengenai penyakit yang sy derita sama halnya dengan para kerabat di atas…ciri2 nafas ngos2an, mudah stres,lemas disertai gemetar,tidak tahan dingin,telinga berdenging,kulit keriput ,susah tidur dll….apakah penyakit sy ini termasuk hipertiroid juga ? kalau iya mohon pencerahan penanganannya…Mohon dengan hormat di balas di email: endixzsampurno@gmail.com….sy ucapkan terimakasih yang sebesar2nya semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa segalah berkah kepada Ibu dan keluarga.

  101. Salam kenal, Pak Endik S.. Mohon maaf saya tidak berwenang melakukan diagnosis medis. Silakan bapak memeriksakan diri ke dokter Bapak. Terima kasih Pak. Semoga Tuhan juga memberikan berkah kpd Bapak sekeluarga🙂

  102. Hi there, simply was alert to your weblog through Google, and found that it’s really informative.
    I’m going to watch out for brussels. I will appreciate if you continue this
    in future. Many other folks will likely be benefited out of your writing.
    Cheers!

  103. Alex says:

    Love your website, is this the default theme or a
    custom one?

  104. it’s default theme: the twenty ten theme. Alex, thanks for visiting my blog🙂

  105. umi zanki says:

    umur saya 37 thn.badan kurus,kuku jadi rapuh dan suara serak.hasil FT4 1,41 dan TSHs 3,90.apakah ini ciri hiperthyroid?bagaimana pengobatannya ya?mhon dijawab via email ya mb….

  106. Umi Zanki, saya sungguh bersimpati dengan keadaan Umi.. tapi mohon maaf, saya tidak berhak mendiagnosis Umi.. artikel ini hanya berbagi mngenai bahan makanan goitrogenik saja. Silakan Umi mengunjungi Dokter Umi ya.. Semoga cepat sembuh. aamiin..

  107. yairbone84@yahoo.com says:

    syukron mbak rahma ata artikelnya

  108. palupi says:

    mbak..boleh tau sumber pustakanya ttg Sifat-sifat Alami Senyawa dan Mekanisme Kerja anti tiroid alami? thx🙂

  109. waduh, aku lupa mencantumkan buku yang kubaca waktu itu ya.. mekanismenya juga lupa kusalin… maafkan..😦

  110. missS says:

    halo,klo ble tau,bole ga sih kita konsumsi herbalife kalau lg ad pnykt gondok? makasiiihh

  111. Salam, sebaiknya diskusikan dengan Dokter spesialis Penyakit dalam Anda setiap akan mengonsumsi obat-obatan herbal, apakah aman atau tidak, seberapa yang diperbolehkan, dan apakah ada interaksinya dengan obat yang Anda konsumsi dari dokter tersebut. Terima kasih🙂

  112. Pakdhe Dino says:

    jadi ngeri deh kemaren ayahanda dari temen saya meninggal gara gara ini penyakit, hemmm gagal operasi yang kedua, ini artikel bermanfaat …🙂
    Artikel yang sangat bermanfaat gan, semoga selalu bertahan untuk memberikan kemanfaatan, semangat yaa … oya mampir dong ke blog ane ya gan

    Pilih Topiknya

    Kumpulan informasi tentang batik warna cerah
    Artikel tentang mutiara lombok
    Contoh2 file administrasi, modul, surat dll
    Informasi tentang tempat, toko termurah
    Shopping dan kulakan baju dan kain murmer
    Blog tentang budaya ningrat dan batik tulis
    Hobby bertani dan berkebun serta tips2nya

    Makasih, semoga anda dan keluarga sehat selalu & di berkati Tuhan

  113. makasih Pakhe Dino.. iya nanti saya mampir ke blog njenengan🙂

  114. Yani Rachmawati says:

    Salam kenal Mbak Rahma,

    Anak saya laki – laki umur 19 tahun baru saja menjalani pengangkatan tumor thyroid dg ukuran 7,6 cm di sebelah kiri, benjolan tersebut mulai terlihat sejak 3 tahun lalu. Setelah berobat mulai dari internist sampai di konsulkan ke bedah onkologi juga di Biopsi dan pada akhirnya anak saya di operasi, hasil PA Alhamdulillah tidak ganas. Hasil T3 normal, T4 batas max normal dan TSHs lebih tinggi nol koma sekian dari normal. Setelah operasi dan cek hormon 2 minggu kemudian hasilnya normal. Menurut dokter anak saya menderita Hyperthyroid. Yang ingin saya tanyakan apakah gejala masing – masing penderita berbeda? Karena anak saya sejak awal ada benjolan sama sekali tidak ada keluhan apapun. Sampai saat ini anak saya hanya diberikan Biobran dan cek hormon (T4 dan TSHs) setiap 3 bulan. Makanan apa yg sebaiknya dihindari, makanan apa yg sebaiknya dikonsumsi dan apa sajakah yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi anak saya? Saya agak bingung karena anak saya tidak ada keluhan seperti jantung berdebar, sesak nafas, berkeringat/tidak tahan dingin, dsb.

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuan Mbak Rahma..

  115. Salam Kenal juga, Ibu Yani Rachmawati…
    Saya turut bersimpati atas kebingungan yang Ibu rasakan… selanjutnya, semoga penjelasan saya dapat menenangkan Ibu ya..🙂
    Jadi hypertyroidisme ini memang menyebabkan meningkatnya metabolisme, kehilangan berat badan, kelelahan, dan sebagainya, tetapi pada anak ibu masih belum terlihat karena kelebihan hormon tiroidnya masih dapat dikendalikan🙂 Oleh sebab itu keadaan ini harus selalu dikontrol dengan mengikuti saran dokter yaitu cek hormon T3 dan T4 3 bulan sekali🙂
    Orang dengan hipertiroidisme harus mengkonsumsi lebih banyak makanan untuk mengantisipasi penurunan BB karena tingginya metabolisme mereka.

    Makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain: bahan makanan goitrogenik seperti yang saya sebutkan di atas: kubis, kale, sawi, brokoli, kembang kol, karena bahan makanan tersebut dapat menurunkan jumlah yodium dalam tubuh. kemudian buah-buahan Berry karena kaya akan antioksidan.. susu dan produk susu yang baik untuk memperkuat tulang, kemudian bahan makanan yang kaya akan omega3 seperti ikan salmon, dll.

    Semoga bermanfaat ya, Ibu Yani Rachmawati🙂

  116. Yani Rachmawati says:

    Terima kasih atas bantuannya, Mbak Rahma..

    Anak saya susah gemuk sejak SMP padahal bayinya gendut sekali, sekarang tingginya 187 cm tapi beratnya hanya 62 kg. Setelah operasi ada kenaikan berat badan sebesar 2 kg, sampai tahun lalu beratnya hanya 56 kg saja dengan tinggi 186 cm.
    Apakah betul orang yg mempunyai masalah dg thyroid harus menghindari kedelai dan produknya, juga makanan pedan dan gorengan?

    Atas penjelasan Mbak Rahma sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih.

    Salam,
    Yani Rachmawati

  117. Salam,
    Ibu Yani, anak dengan hypertiroidsme memerlukan lebih banyak protein untuk mengimbangi metabolismenya yang tinggi. Makanan tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, telur, atau sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Mengenai kedelai dan hypertiroisme, masih belum jelas hubungannya. Menurut Michael Barbee, penulis buku “Politically Incorrect Nutrition” The University of Maryland Medical Center, isoflavones pada kedelai dapat mengarahkan pada penurunan fungsi dari hormon tiroid. Beberapa studi pada binatang, seperti yang dipublikasikan pada October 2009 dalam jurnal “Food Research International,” juga menyatakan bahwa sterol kedelai dalam konsentrasi sedang dapat membantu menurunkan intenditas dari hipertiroidisme, meskipun pada dosis yang tinggi mungkin menimbulkan efek yang sebaliknya.

    Mengenai gorengan, disarankan agar orang dengan hipertiroisme mengonsumsi makanan sehat dengan minyak yang juga sehat. Jadi gorengan yang dibuat sendiri, dari minyak goreng yang baru (bukan jelantah) tidak menjadi masalah🙂

    Makanan pedas, lebih kepada menjaga agar anak ibu tidak mengalami mual dan muntah karena cepatnya metabolisme tubuh. maksud saya seperti ini Bu:
    makanan masuk -> metabolisme cepat -> cepat merasa lepar -> asam lambung tinggi -> makanan pedas masuk -> asam lambung meningkat -> mual, muntah, diare
    Kalau makanannya tidak terlalu pedas (seperti juga makanan yang asam), apabila tidak terlalu pedas, masih dalam toleransi tubuh anak ibu, maka tidak apa-apa. Intinya boleh makanan sedikit pedas asalkan jangan terlalu pedas🙂

    Begitu Ibu Yani, dari sepemahaman saya.. semoga membantu ya, Bu.. apabila ada kekurangan dan kesalahan, Ibu bisa koreksi saya. Terima kasih, Bu🙂

    Salam,
    Rahma

  118. sri wulandari says:

    Siang semuanya, sy pernah ngobrol2 dgn salah satu dokter yang pernah mengalami kelainan thiroid, katanya kalo mau sembuh tdk perlu obat2an ataupun oprasi, cukup mengendalikan emosi, jangan mudah marah, hindari stres, harus ad jiwa optimisme, sakit sy pasti sembuh, krn seyogyanya kesembuhan datangnya hnya dari Allah ta’ala, dlm keadaan hidup susah ataupun sedang, usahakan kita selalu berpositif tingking, perbanyak ibadah, jaga asupan gizi, banyak istirahat, dn ada beberapa kasus yang terkena hyperthiroid sembuh hanya dengan mengkonsumsi bekatu/meniran. Selamat mencoba, Allah memberi sakit pasti sudah sediakan pula obatnya. Ingat y temen2 yang sesama punya kelainan thyroid, positif thinking, banyak beribadah, hindari stres dn jaga pola makan. Selamat mencoba, semoga ada kesembuhan bagi semuanya, amiinn..

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s