Tips Mencegah Batu Ginjal: Citrus Therapy, Hydrotherapy, and High Intake Fluid Therapy

Ini yang aku dapatkan di kuliahnya dr. Bambang Djarwoto Sp.PD yang keren dengan panggilan Oom BJ (baca: Om BeJe, Dokter di bagian Penyakit Dalam RS. Dr. Sardjito, Yogyakarta) dan text book: “Pathophysiology: Clinical Concepts of Disease Processes” (Price & Wilson, 2002).

Batu ginjal terbentuk bila konsentrasi mineral atau garam dalam urin mencapai nilai yang memungkinkan terbentuknya kristal, yang akan mengendap pada tubulus ginjal atau ureter. Meningkatnya konsentrasi garam-garam ini disebabkan oleh adanya kelainan metabolisme atau pengaruh lingkungan.

Pada orang dewasa sehat, pH urine berkisar antara 4,5-8. Konsentrasi urine di bawah pH=4 disebut urine asam, dan yang diatas pH=8 disebut urin basa, dan ini adalah keadaan yang beresiko terhadap terbentuknya batu ginjal. Batu yang sering terbentuk dalam urin yang bersifat asam terdiri dari kalsium oksalat, kristal asam urat, atau sistin. Sementara pada urin yang bersifat basa terdiri atas kalsium fosfat atau magnesium amonium fosfat (batu tripel fosfat atau struvit)

Faktor Resiko Batu Ginjal:
1. Hiperkalsiuria
2. Hiperurikosuria
3. Hiperoksalouria
4. Rendahnya volume urine

Tips mencegah batu ginjal

Citrus Therapy (Terapi Jeruk Nipis)
Sebelum tidur, minum air jeruk nipis 2-3 sendok makan. Langkah ini dipercaya dapat mencegah batu ginjal yang berupa kalsium oksalat karena jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi.

Hydrotherapy (Terapi Air)
Setelah bangun tidur (sebelum subuh, kira-kira pukul 04.00 WIB) minum air putih sebanyak-banyaknya. Maka lebih kurang 1 jam kemudian, fase ekskresi urin akan berlangsung (secara otomatis akan timbul keinginan untuk buang air kecil). Dengan hydrotherapy ini, diharapkan cairan tubuh dengan cepat berganti dengan yang baru, sehingga segala zat buangan bersifat racun yang harusnya dikeluarkan bersama urin akan dikeluarkan secara cepat.

High Intake Fluid Therapy
Asupan cairan yang tinggi (2,5-3 liter/hari = 2 botol air mineral besar) dapat menghasilkan minimal 2 liter urin sehari. Separuh cairan tersebut hendaknya dalam bentuk air putih. Hal ini dapat mencegah terbentuknya berbagai jenis batu ginjal. Kebutuhan cairan bertambah dengan adanya kenaikan suhu pada lingkungan dan peningkatan aktivitas.

Selamat mencoba!

This entry was posted in Nutrition's corner. Bookmark the permalink.

16 Responses to Tips Mencegah Batu Ginjal: Citrus Therapy, Hydrotherapy, and High Intake Fluid Therapy

  1. Afzal says:

    lalu kenapa jeruk nipis itu diminum lebih baik pd saat sebelum tidur? dan kenapa terapi air itu lebih baik dilakukan pada saat sebelum subuh pada saat bangun tidur? terimakasih atas jawabannya kak Ama,hhehehehehehehe,jeyuk nipisnya boleh pake gula kan?

    >> karena ketika tidur, urine cenderung dalam keadaan asam. Nah, kalo pH asam kan jenis batu-batuan yang muncul itu (misalnya) jenis ca oksalat.. Ca oksalat itu bisa dipecahkan (perlahan) dengan asam sitrat dari jeruk nipis.. begitu ceritanya Afzal..

    Hydrotherapi dilakukan sebangun tidur sebelum subuh alasannya kan udah dijelasin.. biar lancar pergantian cairannya gitu loh.. Coba deh jam 4 bangun, minum air putih 1 gelas (bagus kalo bisa lebih),, max 1 jam lagi langsung deh tuu ke belakang.. buktiin aja🙂

  2. Iko sapi says:

    Wah, blognya keren ya mbak.. LuV Yu..

    >> Luv u too, dek..

  3. ahmad says:

    Oom BJ yang terhormat….

    saya penderita kencing batu, sudah pernah operasi 3 tahun lalu…
    tetapi belakangan ini sakit yang pernah saya rasakan dulu kambuh lagi..saya sudah pernah mencoba terapi obat jamu..alhamdulillah, sudah dua kali batu urine tsb keluar..
    yang pertama, sekitar 8 bulan yang lalu, bentuknya kecil dan putih
    yang terakhir, baru empat hari yang lalu warnanya hitam dan waktu keluar terasa sakit dan berdarah…
    yang saya tanyakan, mengapa saya sering kena sakit batu berkali-kali?
    tidak bisakah saya sembuh total?
    bagaimana cara pengobatannya?
    terimakasih

    ahmad

    >> Hallo pak ahmad,, bapak bisa kontak om BJ by email,, di bdjarwo@yahoo.com. Begitu.. nuwun..

  4. mimin says:

    artikel bagus. salam kenal mbak.
    aku baru daftar wordpress. gmn cara link dengna teman2 yaa? hehe…

    >> Salam kenal, mimin🙂
    cara link dengan teman-teman,, masukkan aja mereka dalam “daftar blog”🙂

  5. Lei says:

    well…
    this posting help me done my assignments, hahahaaa…

    thanks.

    i’m also studying Nutrition Science, on Undip. this is my first year…

  6. toni edi martono says:

    saya sering pusing diblkng kepala, stlh lab ternyata kolesterol total 267, ph urine 8,0. padahal tiap hari olah raga sepeda rumah kantor p.p 7,5 km. makan normal tidur cukup, apa yach penyebabnya??

  7. Wiwik says:

    Apa benar klo setiap mau tidur minum 1 jeruk nipis (airnya)dicampur segelas air hangat bisa menurunkan berat badan? klo ya, berapa hari minumnya, dan apa ada efek samping?

  8. Anonymous says:

    Asslmkm. PantatQ seblah sering skit,apkah tU gejala pnyakit gnjal? Mkch

  9. aditya says:

    kalau buang air kecil normalnya berapa kali sehari?

  10. abycute says:

    saya copy ya mas….

  11. mustakim says:

    om…bj,
    saya pernah kena batu ginjal trus sebulan kemudian saya kena kencing batu, dan batu2 itu sudah berhasil sya keluarkan dengan banyak minum air putih…tapi yang saya bingung sampai sekarang masih keluar batu kecil2 saat buang air kecil…om boleh saya tau untuk membersihkan batu2 yang ada di dalam harus di terapi pakai apa om.trima kasih mohon jawabanya….?

  12. Anonymous says:

    saya penderita batu ginjal, karena tu saya ingin tanya kenapa saya sering mengalami batu ginjal 2 kali dan ikut laser 2 kali, tapi gax sembuh-sembuh. Yang saya tanyakan bagaimana cara menyembuhkan penyakit batu ginjal???

  13. samidi says:

    saya pernah menderita sakit kencing batu dan sempat opname di rmh sakit hingga 4 hari, sekarang sudah sembuh dan batu juga sudah keluar sepulang dr rmh sakit.. tp sekarang pinggang sy masih sering nyeri seperti dulu ketika menderita sakit kencing batu..pertanyaannya apakah penyakit kencing batu sy kambuh lagi..?dan apa yang harus sy lakukan untuk dapat menghindari penyakit itu kambuh lgi.?mohon dgn sangat jawabanya…nuwun…………

  14. iqbal says:

    terimakasih atas informasinya
    ini ilmu yang sangat berguna🙂

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s