Tips Memilih Buah

fruit2.jpgUmumnya, warna dan aroma buah menjadi patokan untuk memilih buah matang. Padahal, ada hal lain yang harus diperhatikan agar tidak terlanjur membeli buah yang asam rasanya. Tips berikut saya kumpulkan dari artikel Femina (No.37/XXXIV) dan pengalaman pribadi.

1. Nanas
Daun pada pangkal buah mudah dicabut. Terasa berat bila diangkat karena mengandung banyak cairan. Bila permukaan nanas diketuk, akan terdengar suara yang berat.

2. Semangka dan Melon
Terasa berat bila diangkat dengan tangan. Jika diketuk, suaranya terdengar ‘kosong’ dan enteng.

3. Mangga
Bila permukaan mangga ditekan, akan terasa sedikit lunak. Aromanya harum, terutama pada pangkal tumbuhnya batang.

4. Durian
Ujung tangkainya tidak rata karena lepas dari batangnya secara alami (matang pohon). Aroma alkohol makin tercium. Karena tua, durinya makin jarang dan buah mudah sekali dibelah.

5. Pepaya
Kulitnya tipis dan tampak samar warna daging buahnya. Jika ditekan, terasa lunak.

6. Belimbing
Warnanya kuning agak oranye merata. Sisi-sisi terluar pada bagian ‘bintangnya’ berwarna kecoklatan.

7. Avocad
Permukaan buah terasa lunak saat ditekan saat ditekan. Untuk santapan pada hari yang sama, pilih yang lembut sekali. Jika akan dimakan 3-5 hari kemudian, pilih yang agak keras.

8. Jambu Biji Merah
Berkulit tipis sehingga daging buah yang berwarna merah dapat terlihat samar-samar. Bila daging buah ditekan, terasa lunak.

9. Jeruk
Warna kulit buah mengkilat. Warna hijau atau kuning yang menandakan buah telah matang tergantung dari jenis jeruk. Memilih jeruk yang manis dapat dilihat dari bagian atas buah (bila) membentuk cekungan.

Selamat mencoba!

P.S. kalo ada yang kurang sepakat, atau ada yang mau nambahin, please leave a comment🙂

This entry was posted in Kuliner. Bookmark the permalink.

6 Responses to Tips Memilih Buah

  1. senyumeva says:

    wiks…..jualan buah yuukk…..em…..ato es buah. Enakan di bikin rujak aja….he…he…he….

    Met kenal yo

    >> rujak? asik.. Met kenal senyumeva!

  2. qzink666 says:

    Nice posting.. Mulai detik ini saya gak bakal mempan lagi ditipu mamang2 penjual buah..😛

    >> lho, sering ketipu tho??😀

  3. benbego says:

    langsung praktek ahh!

    >> yuuk..

  4. musa_com_00 says:

    yayayayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    perlu banget tuch tips nya……………………………

    buah eh fruit is so important, isn’t it???

    it……………………..

  5. Resi Bismo says:

    saya suka semua buahnya asal jangan buah apel aja….

  6. Drg. icha says:

    Sangat luar biasa sekali……… artikel ini mungkin lebih sangat bermanfaat lagi jika dibukukan. Karena sangat penting bagi kita yang mengerti masalah kesehatan dan gizi untuk mempublikasikannya pada masyarakat yang masih awam….

    “Selamat HKN 12 Nopember 2008, mari kita sehatkan bangsa kita dengan menerapkan PHBS”

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s