Protein Penyokong HIV Ditemukan

Peneliti Harvard berhasil mengidentifikasi hampir 300 jenis protein yang membantu HIV mengandakan diri. Penemuan ini bisa dijadikan harapan lahirnya terapi baru untuk menghentikan virus penyebab AIDS ini.

Dengan menggunakan teknik interferensi RNA untuk menyaring ribuan gen, peneliti mengidentifikasi 273 protein manusia, seperti dilansir Science Express, 10 Januari lalu. Protein-protein ini bisa menjadi jalan bagi penderita infeksi HIV jika virus resisten dengan obat-obatan antiviral (ARV).

Obat-obatan ARV saat ini merupakan cara paling ampuh menjaga pasien tetap hidup. Sayangnya terapi ini memiliki masalah klasik yakni ancaman resistensi virus. Penemuan protein yang merupakan pendukung utama kelangsungan hidup HIV bisa jadi pendekatan baru terapi. Menurut Stephen Elledge, profesor ahli genetik dari Harvard Medical School, virus tidak bisa bermutasi dan mengalahkan obat yang berinteraksi dengan protein-protein ini.

Daftar protein yang ditemukan bisa dijadikan sumber penelitian ke depan dan bisa disebut sebagai “A Hypothesis Generation Machine”. Ilmuwan dari seluruh penjuru dunia bisa melihat dalam daftar dan memprediksikan mengapa HIV memerlukan protein tertentu kemudian menyusun hipotesisnya. Stephen memberi catatan, sel-sel imun yang menjadi target HIV mengandung ke-273 jenis protein dalam konsentrasi tinggi.

Dari majalah Farmacia, Wahana komunikasi lintas spesialis, vol. VII No. 7 / Februari 2008

This entry was posted in Med's things. Bookmark the permalink.

2 Responses to Protein Penyokong HIV Ditemukan

  1. Bu Rahma, ijinkan saya kutip buat perbandingan. Kapan2 mampir lagi ke saya. Insyaallah, saya akan sering mampir ke sini, konsultasi kesehatan. Trims

  2. Rahma says:

    silakan pak..
    tapi manggilnya mbak aja ya, pak😀

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s