Tepat Mengolah Seafood

Seafood termasuk bahan makanan protein tinggi yang mudah rusak dan busuk jika penanganannya kurang tepat. Perlakukan tiap jenis seafood sesuai karakternya, seperti tips berikut ini, agar diperoleh olahan yang nikmat.

1. Cumi-cumi

Supaya tumis cumi-cumi lunak dan tidak alot, masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke wajan. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, lalu tutup wajan. Biarkan hingga cumi mengeluarkan air dan biarkan hingga surut. Setelah itu tuangkan sedikit minyak goreng. Aduk rata dan masak sebentar.

Cumi-cumi sotong tak jarang dan diisi bahan lain. agar cumi tetap lembut dan bahan isiannya matang, tusuk-tusuk beberapa bagian badan cumi sebelum dimasak.

Menghindari calamari ring yang alot dan keras, sebaiknya potong cumi-cumi dengan ketebalan antara 0,5-1 cm. Setelah itu rendam cumi dalam campuran baling powder dan baking soda selama 4-6 jam. Setelah itu baru direndamdalam campuran susu dan bumbu. Dijamin calamari terasa garing, renyah, dan lembut.

2. Udang
Daging udang amat lembut. Karena itu, hindari memasak terlalu lama di atas api. Pakailah api besar supaya udang cepat matang. Jika terlalu lama, akan menyebabkanair tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi jadi larut. Agar udang rebus tampak cantik dengan warna khas kemerahan dan tidak anyir, masukkan setetes cuka ke air rebusannya.

3. Kepiting
Dibandingkan dengan udang dan cumi, untuk mengolah kepiting sedikit repot. Anda harus mencuci kepiting di bawah keran air dengan tubuh masih terikat. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sela-sela jari yang biasanya kena lumpur.

Sementara kepiting dicuci, rebus air dalam jumlah banyak hingga mendidih. Masukkan kepiting satu persatu lalu rebus kira-kira 15 menit dan cangkang kepiting sudah berwarna merah. Angkat lalu tiriskan. Selagi masih hangat, kuliti kepiting dan kumpulkan dagingnya.

Tak jarang aroma amis kepiting masih tertinggal meskipun sebelum dibumbui telah direbus dahulu. Untuk meminimalkan hal ini, tambahkan jahe yang dimemarkan dan beberapa lembar daun salam saat merebus kepiting.

4. Kerang
Selain kepiting, jenis seafood bercangkang lainnya adalah kerang. Kerang bisa dipilih dalam bentuk masih bercangkang dan kerang kupas. Jika kerang masih bercangkang, lakukan pencucian seperti kepiting, setelah itu rebus dan kuliti. Kerang bercangkang bisa juga langsung dimasak beserta cangkang. Sama halnya dengan kepiting, tambahkan jahe sat merebus untuk menghilangkan aroma amis atau perciki dengan air jeruk nipis.

5. Seafood bakar
Udang, cumi, kepiting dan kerang terasa lebih nikmat dan aromanya sedap jika dibakar atau dipanggang. Aroma bahan yang digunakan untuk membakar (arang) akan membantu mengurangi aroma amis seafood.

Dari tabloid Nyata, edisi 1926 – V Mei 2008

This entry was posted in Kuliner. Bookmark the permalink.

15 Responses to Tepat Mengolah Seafood

  1. Fadli Chan says:

    Hmm.. Baca tipsnya,jd laper lg pgn mkn seafood. Sip dah!

  2. R'kurniawan says:

    hmm….
    enak enak tuh klo dimasak
    tapi kolesterol tinggi semua ya?😛
    mumpung masih muda
    di nikmatin aja yuukks😀

  3. BanNyu says:

    Udang ???
    Ini adalah salah satu makanan kesukaan saya. Apalagi kalo LObster ?
    hemmmm nyamiiiii ……..

  4. hanggadamai says:

    wah diriku anak pengolahan ikan …

  5. on2hood says:

    Duuh jadi laper neh… mauuu dunk

  6. jadi laperrrrr😀

  7. assalamu alaikum…

    mampir, mba..
    kayaknya kenal, deh..
    (sama lobster yang difoto):mrgreen:

    owh, lagi mbahas cara ngolah seafood tha?
    lah? yang lae kok malah jadi laper? kan ndag bahas resep..
    *geleng2 g jelas😛 *

    @hangga:
    halah, dirimu anak pengolahan ikan, tha? baru tau klo itu nama bapakmu..😆😆😆
    *kabur sebelum digebukin hangga😈 *

    eh, maap ya ma, dirusuhin bentar blog-nya.. kangen juga..
    (kangen cari perkara:mrgreen: )

  8. wier says:

    sekali aku pernah makan seafood di barat rektorat ugm, itu pun ditraktir teman.

  9. hanggadamai says:

    @mbak presty: bapakku bukan itu namanya👿
    maap y mbak blognya dirusuhin mbak presty, maklm rada2..:mrgreen:

  10. yakhanu says:

    seafood itu makanan kesukaan ku…
    kalo mau bahan seafood murah, dateng ke desa pengaradan kec tanjung brebes jateng

    disitu ada pantai ke utara dikit sampe ke tengah banyak deh..ambil ndiri gratis kok…!!

    wakakak…
    salam kenal

  11. ruby says:

    Saya dr Malaysia…
    bantu saya bagaimana buat fish ball seperti jualan dikedai ..lembut tidak liat dan kenyal.

  12. Ama says:

    sebentar ya, saya tanyakan kepada ahlinya🙂

  13. quini says:

    Wah tipsnya sangat bermanfaat terutama cara mengolah cumi. Terima kasih bunda.

  14. isnaa says:

    kasih dong beberapa resep pengolahan seafood

  15. Bisa dipilih di page “resep masakanku (my recipes) ” ya, di http://https://geasy.wordpress.com/resep/

    Ada hidangan dari ikan kembung, kakap, tuna, dan gurame. Semoga berkenan🙂

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s