Diet untuk Kram Otot

Anda sering mengalami kram?

Selain karena Anda kecapaian dan kurang olahraga, menurut Michael Zimmermann, M.D. (2001) dalam Pocket Guide to Micronutrients in Health and Disease, mungkin ada hubungannya dengan mikronutrien yang Anda konsumsi. Misalnya, anda kekurangan potassium, magnesium, dan atau kalsium. mikronutrien tersebut dapat ditemukan pada buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan produk gandum (whole grains). Konsumsi cairan yang cukup selama cuaca yang panas dan selama berkegiatan outdoor atau pun berolahraga juga mencegah kram karena dehidrasi.

Rekomendasi Mikronutrien
Vitamin E: 200-400 mg
Mengurangi kram kaki pada malam hari. Juga membantu mengurangi kram otot selama masa hamil. Selama latihan yang berat, stress oksidatif berkontribusi dalam kelelahan otot (muscle fatigue) dan kram; vitamin E membantu memproteksi terjadinya stress oksidatif.

Kalsium / Magnesium: 1000 mg / 400 mg
Kalsium yang rendah meningkatkan iritabilitasi syaraf dan otot sehingga menyebabkan kram otot. Magnesium berperan cukup efektif dalam mengatasi kram selama kehamilan.

Vitamin B Complex: Suplemen balans berisi: 25-50 mg thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3) dan asam panthotenat.
Berperan dalam mendukung metabolisme energi yang efektif pada otot dan membantu membersihkan produk antara (seperti laktat) yang menyebabkan otot menjadi kram.

Dan jangan lupa, selain makanan yang baik, olahraga teratur setiap hari (mnimal 2x seminggu @setengah jam) dapat membantu melatih otot dan mengurangi kram. Semoga berhasil!

This entry was posted in Nutrition's corner. Bookmark the permalink.

7 Responses to Diet untuk Kram Otot

  1. Laporan says:

    Memang sulit untuk olahraga, karena rasa males yang ngak ketulungan.

    Salam kenal

  2. hmmm saya juga sering cape² ajahh,,,
    setelah minum susu langsung segar

  3. det says:

    wah infonya menarik. thanks

  4. ulan says:

    ckckckkckkc.. info lengkap..
    makasih ya mbak..

  5. hanggadamai says:

    wah diriku olahraganya cuma maen pingpong tok:mrgreen:

  6. susiloharjo says:

    Setelah rutin fitness sekarang dah ngga suka kram-kram lagi sekarang yang ada malah makannya nambah😀

  7. Rahma says:

    @ laporan
    lagi “M” yah?
    Sama, mas. Memang susah itu😀
    Mari, mari! semangat!

    @ zoel chaniago
    susu ya? bagus..🙂

    @ det
    makasih kembali..

    @ ulan
    podo-podo, mbak..

    @ hanggadamai
    main pingpong bagus kok..
    yang penting durasi dan kontinuitasnya,, sip!😀

    @ susiloharjo
    wah, bakalan naik nih berat badannya😀

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s