Oh, Wow! A lot of Things about Human Reproduction

spermOkay, karena majalah saya akan menerbitkan topik infertilitas, maka saya mau nggak mau harus mempelajari mengenai hal ini. Bertemulah saya dengan hal-hal baru. Inilah manfaatnya punya para bos dokter SpOG. Dan Ini pulalah yang saya ingin share.

Infertilitas secara singkat artinya ngga punya anak lebih dari setahun. So, you and your couple need test. Ada yang disebut “semen analysis” yaitu untuk menganalisis semen pria (bukan semen yang untuk bahan bangunan tentunya).

Jadi, semen seorang pria disebut sehat apabila:

– jumlah sperma nya lebih dari 20 juta per ml-nya
– lebih dari setengah total sperma motilitasnya (pergerakannya) baik, lincah.
– lebih dari sepertiganya (bentuknya) normal
– mengandung sel darah putih satu juta per ml-nya.

Kalau tadi saya bilang sepertiga dari total sperma itu harus normal, itu karena ada loh bentuk sperma yang nggak normal.

abnormal-sperm21

Jadi begini, agar dapat melakukan fertilisasi (baca: pembuahan) terhadap ovum, sperma harus memiliki komponen penting yang lengkap. Ekor sperma harus dapat berenang dengan lincah, sehingga dapat menjangkau dan melakukan pembuahan terhadap ovum. Kepala sperma harus memiliki topi / tudung, yang disebut acrosome, yang mengandung enzim yang membantu dalam penetrasi ovum.

penetrasi1Sehingga, inilah yang saya pikirkan, apabila terjadi ejakulasi, akan dikeluarkanlah cairan semen sekitar 3-3,5 ml (2/3 sdm, range normalnya 2-6 ml), yang setiap ml-nya mengandung 60-150 juta sperma!

Tujuan saya menulis ini apa, hufffh…, buat yang coba-coba ML, pikirkan lagi baik-baik deh. Mengapa sampai sering banget kita dengar kabar anak sekolah udah hamil, atau yang bukan anak sekolah juga banyak yang hamil di luar nikah, trus banyak juga kasus aborsi (jadi sedih), itu ya kemungkinan besar karena secara ilmiah (dan atas kehendak Tuhan), memang cukup mudah untuk terjadinya fertilisasi dan kemudian kehamilan, meskipun tidak diinginkan. penetrasi2Meskipun lagi nih ya, sekitar seperempat sperma itu abnormal, dan hanya 3/4-nya yang pinter berenang tapi tetap saja, itu jumlah yang besar! Ngga percaya, hitung aja sendiri. Trus taruhlah ternyata memang bener kejadian, hamil; siapkah kalian dengan segala konsekuensinya?

Tuhan memang Maha Besar atas segala apa yang diciptakannya. Melalui tulisan ini saya hanya ingin saling mengingatkan kepada teman-teman semua:

Think before you do that!

This entry was posted in Life oh life!. Bookmark the permalink.

5 Responses to Oh, Wow! A lot of Things about Human Reproduction

  1. mrpall says:

    hmmmm…tuhan emang maha segalanya…salammm

  2. fey says:

    lihat dong,, makalah ttg gizi dan fertilisasi

    di jelasin juga ya,,,,

  3. Ama says:

    gizi dan fertilisasi,, hmm saya udah menulis untuk majalah saya,, jadi nanti publikasinya bersamaan dengan terbitnya majalah saja yah🙂

  4. noni says:

    tulusannya bagus ,makasih tas infonya

  5. This was a Fantastic wordpress post, I will save this post in my Furl account. Have a awesome evening.

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s