Q&A #1: Fitnes dan diet makan 1-2x/hari

Q: gini mba… saya mau konsult masalah diet Satu minggu ini saya mencoba program diet, target saya mau nurunin berat badan antara 8 – 10 kg. mohon bantuan tpisnya… apa hal yang harus saya lakuka agar target saya tersebut tercapai dengan cepat? sekedar ini yang saya lakukan saat ini adalah: 1. Fitnes tiap hari minimal 1 – 2 jam 2. mengurangi makan (dulu saya makan 2 – 3 kali sehari, skr saya paling makan 1 ato kadang2 2 x sehari, tapi kalau malam ransanya lambung saya sering nyeri… thanks b4

Kk A di Balikpapan.

————————————————————————————————————————————–

A: Kakak A di Balikpapan, begini deeeh..

1. fitness nya pakai instruktur atau engga??
Sebaiknya pakai. Fitnes tidak terprogram bisa membuat hasilnya pun tidak sesuai dg yg diharapkan. Lgpl, fitness bisa ditujukan berbagai kepentingan (waduh, bahasanya). Bisa utk mengencangkan otot, bisa juga utk body builder..

otot, massanya lebih berat drpd lemak. Jadi, program fitness yg ‘salah’ bukannya menurunkan BB, tapi malah meningkatkan🙂

2. Mengurangi kalori dari makanan, bukan berarti menurunkan frekuensi makan. Sebab, kadar glukosa darah harus dijaga kestabilannya. Glukosa darah merupakan makanan utk sel, yang membuat kita bisa beraktivitas. Glukosa dihasilkan dari karbohidrat, dan dapat pula dikonversi dari lemak dan protein (melalui proses glukoneogenesis).

Glukosa, agar masuk ke dalam sel membutuhkan hormon insulin. Saat kadar glukosa naik, maka level insulin pun ikut naik. Glukosa tidak hanya berperan dalam metabolisme karbohidrat, tetapi juga metabolisme lemak dan protein. Sehingga ketika insulin naik, efeknya, bukan hanya glukosa yg masuk ke sel, tetapi juga penumpukan lemak di jaringan pun bertambah. Inilah yang tidak dikehendaki oleh kita, terutama yg sedang diet. (Iya kaaaan?)

Nah, oleh karena itu glukosa darah kita harus stabil. Caranya ya, makan 5-6 kali sehari, tergantung kebutuhan. makan pokok 3 kali, plus snack 2-3 kali. Hanya saja, kalorinya yg kita atur, tidak boleh berlebihan… Dan lagi, ga kena maag kayak yang sering dialami kakak nih..

Soal mo turunkan 8-10 kilo gitu,, saranku yah.. satu, dimulai dengan detoks dulu. Tujuannya mengistirahatkan hati. Mono detoks aja.. Sehari cuma makan buah,, ngga boleh ada unsur yg lain, misalnya gula murni, dll. Biasakan sebulan sekali mono detoks. Kedua, penurunan BB nya ga boleh lebih dari 2 kilo/minggu yah.. Ingat, mesti slow but sure..

Begitu kaaak.. Gudlak yah.

This entry was posted in Menurunkan BB, Nutrition's corner. Bookmark the permalink.

10 Responses to Q&A #1: Fitnes dan diet makan 1-2x/hari

  1. wahyu kresna says:

    ohh, begitu ya…
    trus kalau makan diatas jam 6 malam itu bagus ga?

  2. Ama says:

    tergantung,, Anda beraktivitas sampai jam berapa, dan melakukan apa saja di atas pukul 6. Kalo memang diperlukan, ya kenapa tidak?

  3. fadielajah says:

    resep naikkan berat badan yang cepet gmna mbak? kalo saya tinggi 166 berat cma 50 idealnya brapa mbak? hehe..

    oy follow blog sya ya..🙂

  4. deny says:

    hai mbak rahma. saya Deny.

    saya mau tanya, gimana ya diet yang TEPAT untuk golongan darah O?? makanan apa yang harus saya hindari untuk dikonsumsi?

    terima kasih…

  5. alfaroby says:

    aku malah makan setiap hari 3 kali tapi badan ini gak jauh jauh dari 50-55 kg… ada apa nih ya….

  6. didin says:

    Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

  7. cahjoker says:

    yayaya salam kenal dech…..,

  8. fickry says:

    mo gemukin badan neeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhh.. aku turun 2 kg lagi.. :((((

  9. sinta says:

    salam kenal mb..aq juga mau nurunin berat badan niy…tinggiku 158 dan beratku udah 60..udah overwight niy…bagaimana ya diet yang baiknya ya…thanks..oya follow blogku ya mbaa…

  10. Baju wanita says:

    wah jadi tau banyak tentang kesehatan, apalagi saya jarang skali fitness.. thanks ya buat infonya..

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s