Back to exercise!

Sejak kapan aku berhenti olahraga rutin? Mungkin hampir 10 tahun lalu. Meski sempat melakukan fitness-aerobik di tahun 2008 tapi itu hanya bertahan sekitar sebulan. Padahal dulu, 2000-2003 (semasa SMA) aku rutin berlatih silat Perisai Diri hingga menjadi atlet dan menjuarai berbagai turnamen. Tingkatanku sampai sabuk merah strip putih-hijau. Tahun 2003-2005 aku masih berlatih PD di UGM (tapi tidak serutin sebelumnya) hingga tingkatan strip hijau, tapi setelah itu mandek. Dikalahkan rutinitasku di Pramuka (menjabat bendahara Pramuka UGM 2005-2006, Ketua 2006-2007).

Selama tidak exercise, performaku mulai menurun, sistem imunitas tidak begitu bagus dan mulai merasakan dysmenorrhea (nyeri haid). Makin lama, dysmenorrhea makin mengganggu sampai aku harus meminum asam mefenamat untuk meredakan nyerinya (kalau tidak, aku bakal susah beraktivitas).

Saat ini, selain dysmenorrhea, setelah hamil dan melahirkan anak keduaku (Dipa) aku hampir selalu mengalami back pain😦

I have to do the exercise! Regularly!

Menurut mayoclinic, 7 keuntungan dari regular exercise adalah:

1. Exercise mengontrol berat badan
>> absolutely. (In my case) selama rutin exercise, metabolisme tubuhku tinggi dan asupan diet juga tinggi (untuk mengimbangi aktivitas). Tapi begitu sudah tidak aktif olahraga lagi, kuantitas diet yang sudah terbiasa ‘segitu’ jadi sulit dikurangi, dan perlahan jaringan otot pun berubah menjadi lemak😦
Sehingga, meskipun aku bisa mengontrol berat badanku (tanpa olahraga), body composition-ku jelas tidak ideal. Ini yang lebih penting.

2. Exercise menjaga kondisi tubuh dan melawan penyakit
>> mengontrol tekanan darah, komposisi HDL – LDL, mencegah CVD (Cardiovascular Disease), mencegah diabetes, dll.. Yah saat ini yang baru terlihat efeknya padaku adalah tekanan darah yang kadang sulit dikontrol. Semoga belum terlambat untuk mencegah yang lain.

3. Exercise improves mood
>> olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang bikin happy dan PD Keringat yang dikeluarkan selama olahraga juga sebagai sarana membuang toksin sehingga rasanya lebih segar.

4. Exercise boost energy
>> exercise > deliver oxygen + nutrients > heart + lungs more efficient

5. Exercise promotes better sleep
>> yea right, aku butuh ini untuk atasi insomniaku.

6. Exercise puts the spark back into your sex life
>> haha, let’s skip it :p

7. Exercise can be fun
>> aku bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak dengan mengajaknya berolahraga. Yes, it can be fun!🙂

Sudah ga ada alasan lagi untukku tidak memulai exercise. From now on, let’s do this!! 30 minutes/day, 3 days/week. Bisa ga yaaa….😀

This entry was posted in Diet Olahraga, Menurunkan BB, My Room and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s