[resep] – Gudeg Jogja

image

Merayakan ulang tahun pernikahan kami yang ke 4, dan mengobati kerinduan kami akan Jogja, saya untuk pertama kalinya memasak gudeg.

Here it is..

Gudeg
Bahan:
– 500 g nangka muda
– 1 buah kepala ayam dan ceker, bisa juga tulang sapi atau tetelan
– 5 buah tahu
– 5 butir telur rebus, kupas
– 50 g (1 bks) bumbu inti kokita C
– 3 lbr daun salam
– 1 btg serai
– 1 ruas lengkuas
– 3 lbr daun jeruk
– 100 g gula merah
– 1 sdt kaldu ayam bubuk
– 2 L santan dari 1 buah kelapa
– 1 sdt asam cuka (sbg pengganti air kelapa) larutkan dalam 1 L air
– garam
– gula

Cara membuat:
– Tempatkan daun salam, lengkuas dan serai pada bagian bawah panci, lalu diikuti nangka, tahu, dan gula merah. Masukkan bumbu yg dicampur larutan cuka, presto selama 15 menit.
– setelah bunyi desis hilang, masukkan santan dan telur, masak hingga kuah mengental
– tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam, sambil dicicipi.
– kecilkan api, masak hingga kuah habis.
– sajikan dengan menyiramkan kuah opor kental ke atasnya.

Untuk 5 porsi
Durasi memasak 3,5 jam

Opor ayam gudeg
Bahan:
– 1/2 ekor ayam, potong-potong
– 4 buah bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1/2 sdt jinten
– 1 sdt ketumbar
– 5 butir kemiri
– merica secukupnya
– gula merah secukupnya
– 1 bks santan kara
– 1 ruas lengkuas
– 1 lbr daun salam
– 2 lbr daun jeruk
– 1 btg serai
– garam
– gula
– 500 ml air
– 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
– haluskan bawang merah, bawang putih, jinten, merica, kemiri, tumis hingga harum
– masukkan ayam, air, daun jeruk, daun salam, serai, masak hingga mendidih
– masukkan santan, garam, gula, masak hingga kuah mengental dan mengeluarkan minyak
– hidangkan hangat

Untuk 5-6 porsi
Durasi memasak 45 menit

P.s. Alhamdulillah bisa memuaskan suami dan dapat nilai 9,8. Sayangnya saya tidak memasak sambal goreng krecek karena tak ada bahan🙂

This entry was posted in Kuliner, Recipes and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to [resep] – Gudeg Jogja

  1. Aliensyiroh says:

    kagak suka gudeg mbak -_-😀

  2. Hahaha.. Mmgnya Aziz asli mana tho? Fav food nya apa?🙂

  3. Aliensyiroh says:

    Wuuu, Lumajang mbak (Jatim). Sukanya yang gurih (asin) dan pedas
    Apa ya? Ikan asin + sayur kelor + sambel mungkin mbak😀

  4. Oooowh aku ya jawa timuran kok… Bpk ibuku asli nganjuk :p otomatis masakan rumahan ya cita rasa jawa timur. Wajib tu, pedes asin! Hehehe.. Cuma krn lahir dan besar di riau, banyak RM padang, aku juga suka masakan padang. Soal gudeg, aku penyuka manis — loh, kok kedengarannya suka makanan apa aja ya? Haha..

    Masakan yg paling aku buru kalo pulkam ke nganjuk itu rujak cingur, ziz.. Enaaak banget. Tp blm pernah bikin, mungkin suatu saat nanti🙂

    Makasih udh mau share ya ziz🙂

  5. Nisa says:

    selamat ya ,,,semoga langgeng,bahagia,rukun selalu,,amin,,amin,,amin YRA

  6. Aamiin.. Aamiin.. Makasih ya Mbak Nisa.. Semoga keluarga Mbak Nisa juga demikian🙂

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s