29 Tahun di 29 Mei 2014

Sebenarnya aku sudah menyiapkan banyak hal dari jauh-jauh hari (bahkan bulan) untuk pidato hari ini layaknya seorang presiden yang akan menyampaikan pidato kenegaraan. Big day, well prepared, and I want a big thing. Like a blast of firework in the sky.

However, when the day has come, I lose it all.

No passion. No strength. No plan.

Hanya tersedu di atas sajadah dan mengeluarkan ledakan itu di sana. That’s it.

Here, I have to write something (have to!) untuk menandai adanya hari ini di rumah ini, blog pribadiku.

*inhale heavily*

Banyak hal yang patut kusyukuri tahun ini.

Mostly about my kids. Sungguh bahagia rasanya saat memandang mereka tidur, memperhatikan mereka makan dengan lahap, dan ketika mereka bermain dengan rukun.

Lalu, selain melihat pertumbuhan mereka yang pesat, perkembangan putra-putriku juga menggembirakan. Yasmine 3,5 tahun bisa merangkai pertanyaan-pertanyaan beruntun yang sulit dijawab. Ia juga memiliki inisiatif yang tinggi saat melihat suatu kejadian, misalnya mengambilkan aku segelas air putih di saat aku capek membacakan dongeng anak untuknya, menyarankanku membuat teh hangat ketika aku masuk angin, dan memintaku tidak meninggalkannya untuk bekerja di luar rumah. Ia juga terbilang anak yang sensitif. Ia memahami perasaan seseorang hanya dari ekspresi wajah. Ia pernah berkata padaku, “Jangan menangis Bunda,” di saat aku sedang sedih meski mataku tak mengeluarkan air mata. Ia tahu aku menangis dalam hati.

Lain lagi dengan adiknya, Dipa, 2 tahun. Dipa sudah mulai pintar merangkai beberapa kata menjadi kalimat. Ia juga nengenal beberapa angka, meski belum urut. Oya, dan baru-baru ini ia sudah bisa memanggilku bunda walaupun masih terdengar “buda” (sebelumnya ia memanggilku “ada”).

Semua itu membuatku bangga sebagai seorang bunda. Aku akui aku bukanlah bunda yang sempurna, tapi aku selalu berusaha untuk menjadi lebih baik bagi mereka🙂

Hal lain, menyenangkan bagiku melihat suami bersemangat dengan kebun aquaponiknya. Ia terlihat seperti tak pernah kekurangan energi saat mengerjakan kebun itu. Ya, tak seperti rasa kecewa dan malas yang bisa menularkan energi negatif, semangat itu memancarkan energi positif dan aku merasa bahagia. Meskipun saat ini kebun aquaponik terpaksa dihentikan sementara — semua ikan di kolamnya mati karena sistem pemberi makan ikan otomatis buatan suami tak berjalan baik — tapi saya sudah merasakan masa-masa indah saat adanya kebun itu.

Apalagi? Bapak ibu yang perhatian dan baik hati; bapak mama mertua yang menjadi mertua terbaik di dunia; belum lagi banyaknya teman-teman di dunia nyata dan maya yang mengirimkan ucapan selamat dan doa — terima kasih atas semua ucapan dan doa– I feel so blessed. Sungguh banyak hal yang membuatku harus senantiasa bersyukur.

Dan aku untuk ulang tahun kali ini, hanya ingin menjadi lebih bijak. Banyak hal di dunia ini yang seolah baru terbuka di depan mataku. Hal-hal tersebut membuatku terperangah, mengharuskan aku untuk keep on moving. Beradaptasi menjadi lebih baik, atau semua ilmu baru itu menjadi sia-sia. Padahal hidayah itu mahal harganya. Ia hanya akan tumbuh jika dipupuk terus menerus.

Bijaksana menjadikan seseorang sadar akan dirinya; tentang siapa dia, apa tanggung jawabnya, bagaimana ia seharusnya bersikap; dan itu bukanlah hal yang mudah. Siapa dia sebagai seseorang dalam keluarga, siapa dia sebagai bagian masyarakat, siapa dia sebagai hamba Tuhannya, dan itu semua punya seabrek hak dan kewajiban.

Jadi, aku cuma ingin satu hal itu saja. Semoga dengan menjadi seorang yang semakin bijaksana, hubunganku dengan keluarga, masyarakat, dan Tuhanku, menjadi lebih dekat.

Semoga Allah mengabulkan permintaanku. Aamiin..

This entry was posted in My Room and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to 29 Tahun di 29 Mei 2014

  1. Aamiin, allaahuma aamiin..🙂

Kasih komen dong

