Chickenpox Attack! Ketika Cacar Air Menyerang (3) – Day 7

Chickenpox is most infectious from one to two days before the rash starts, until all the blisters have crusted over (usually five to six days after the start of the rash). ~www.nhs.uk

Yuhuu.. Day 7!
Dan saya merasa masa bodoh😦 Masa bodoh kalau saya harus ketularan juga. Saya capek harus kucing-kucingan dengan suami sendiri. Jelas ada tembok pemisah antara kami. Setiap dia masuk dan menghilang di balik tembok itu, kemudian saya tak mendengar suara apapun, pikiran saya bicara, “Masih hidup ngga, ya?”
#plak!

Akan tetapi sebenarnya ada sebab lainnya juga, sih. Ceritanya, 3 hari yang lalu, bapak saya menelpon dan mengecek keadaan saya dan keluarga, terutama perkembangan keadaan suami. Pada kesempatan itu saya menanyakan riwayat imunisasi saya sebab ibu saya tak dapat mengingatnya. Bapak saya dengan lantang menjawab, “Dapatlah Kamu! Di sini ‘kan semuanya dikasih. Vaksin flu aja dikasih!”

Wah, laksana angin segar datang. Laksana oase di tengah gurun. Laksana survivor dalam sekoci yang menemukan daratan! Saya jadi merasa pede!🙂

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), 2014, vaksin varicella yang dibutuhkan untuk memproteksi tubuh terhadap virus varicella yang menyebabkan penyakit varicella atau chickenpox atau cacar air, hanya perlu diberikan sekali saja antara usia 1-18 tahun. One shot for a lifetime.

Akan tetapi ada catatan nih:

Vaksin varisela dapat diberikan setelah umur 12 bulan, namun terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Bila diberikan pada umur lebih dari 12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu. ~IDAI.or.id, 2014

Jadwal vaksin IDAI bisa dilihat di sini ya:

image

Saya bersyukur, alhamdulillah, saya dan anak-anak saya sudah diproteksi dengan vaksin varicella sehingga kami tidak ikut tertular meskipun dua kali berinteraksi dengan penderita varicella yang masing-masingnya mengalami sakit lebih dari 5 hari🙂

Keadaan suami saat ini sudah semakin membaik walau masih banyak vesikel cacarnya yang belum crusted over. Dari literatur yang saya baca, dikatakan,

“the blisters naturally crust up and fall off within one to two weeks.”

Tak henti saya berdoa, semoga suami cepat sembuh, sehingga bisa beraktivitas dan produktif kembali. Aamiin..

– – –

Referensi:
http://idai.or.id/public-articles/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-idai-2014.html
http://www.nhs.uk/conditions/chickenpox/Pages/Introduction.aspx

=====

Related article:
Chickenpox Attack! Ketika cacar air menyerang (1) https://geasy.wordpress.com/2014/06/03/chickenpox-attack-ketika-cacar-menyerang/

Chickenpox Attack! Ketika cacar air menyerang (2) https://geasy.wordpress.com/2014/06/05/chickenpox-attack-ketika-cacar-air-menyerang-2/#more-1954

This entry was posted in me as a mom, My Room and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Chickenpox Attack! Ketika Cacar Air Menyerang (3) – Day 7

  1. darkjasm says:

    semoga kak eko cepat sembuh ya kaaakkk..😀

  2. Aamiin.. Makasih Tha.. T_T

  3. susiloharjo says:

    Walaupun sdh divaksin ngga ada yg jamin bisa g kena bun, tetap waspada dan jaga kesehatan, ayah ngga mau bun n anak2 kena cacar, apalagi anak2 kasian , kalau kita yg dewasa msh bisa nahan, kalau anak2 bisa parah , semoga Allah melindungi kalian dan ckp ayah yg kena sakitnya

  4. Yea right.. No guarantee we would not get chickenpox eventhough we have had been shot with the vaccine before..

    I am still doing my best to improve our kids immune system so they would not get the same disease, although as I read,
    “Chickenpox tends to be more severe in adults than children, and adults have a higher risk of developing complications”
    Which means, the children are going to be okay.

    However, If I got chickenpox, I would call my mom to pick our kids up to their house.

    Pfiuh I am tired of this. When will it come to an end?😦

Kasih komen dong

