Tips Membuat Jus

Jus dapat dibuat dengan blender ataupun juicer. Jus sayur dan buah sangat bermanfaat dalam memberi asupan mikronutrien terutama vitamin A dan vitamin C sebagai antioksidan; tinggi kalsium, kalium, magnesium, dan selenium, yang dapat mencegah munculnya penyakit dan kerusakan dini pada sel. Jus juga berfungsi menjaga level tekanan darah sebab tinggi kalsium dan kalium serta rendah natrium.

Agar jus yang kita buat optimal, ini dia tipsnya:

  1. Pilih buah dan sayur segar dan cuci sebelum membuat jus. Lebih baik lagi bila direndam dengan air hangat selama 5 menit. Hal ini penting diperhatikan, untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan yang berasal dari mikroorganisme patogen, cemaran kimia (misalnya pestisida) maupun cemaran fisik (misalnya pasir, debu, dll).
  2. Potong buah atau sayur menjadi bagian kecil agar proses pengolahannya lebih mudah.
  3. Jika ingin menambahkan air, pilih air yang sudah matang dan dalam keadaan suhu biasa (tidak panas).
  4. Tambahkan es batu pada jus agar jus terasa lebih segar dan lezat.
  5. Sebaiknya, buah yang berkulit tipis dan lekat dengan daging buah sebaiknya tidak dikupas (kulitnya). Kulit buah mengandung serat, terutama serat yang tidak larut air (Insoluble Dietary Fibre atau IDF). IDF berperan dalam mempersingkat waktu transit makanan di kolon, mencegah kanker kolorektal, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Anda yang menggunakan juicer, Anda akan mendapatkan sari buah dan ampas secara terpisah. Saya sarankan, agar Anda tetap mengkonsumsi ampas buah yang kaya IDF.
  6. Untuk menambah cita rasa, tambahkan pemanis. Pilih gula aren, gula kelapa, atau gula batu daripada gula pasir dan madu, sebab kandungan kalsium pad ketiga gula tersebut lebih tinggi. Akan tetapi, penderita kencing manis disarankan untuk hanya mengkonsumsi gula rendah kalori.
  7. Segera minum perlahan-lahan. Bila ingin menyimpan dalam kulkas, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup (misalnya botol) dan tidak boleh dari 5 jam. Hal ini dimaksudkan agar jus masih tetap dalam keadaan segar.
  8. Campur dengan sedikit jeruk (misalnya lemon, keprok, atau nipis) agar warna jus tetap cemerlang dan terasa lebih segar.
  9. Sebaiknya jus dibuat sendiri agar lebih higienis, lebih terjamin, lebih ekonomis, dan dapat dikorntrol komposisi bahannya. Lap untuk tangan, jangan dipakai untuk mengelap bagian dalam blender, ini memungkinkan terjadinya kontaminasi silang.

Selamat Mencoba!

This entry was posted in Kuliner. Bookmark the permalink.

75 Responses to Tips Membuat Jus

  1. saya g’ suka buatnya,,, cuma suka buat minum nya ajah,,,,😀

  2. fisha17 says:

    hmmmm… kayake seger nehhh..😆

  3. Rita says:

    Tips yang oke sec aqu penggemar juice…
    yg direndam air hangat selama 5 menit, baru tahu…. biasanya
    paling dicuci langsung di juice
    thax, buat tipsnya🙂

  4. ubadbmarko says:

    ga bisa bikin juice, listrik mati.

  5. Jenderal says:

    udah coba jus timun ??
    mendingan jangan deh… rasanya gak enak..!! sumpah…

  6. susiloharjo says:

    Paling enak tuh jus tomat🙂

  7. aspax says:

    Jeng rahma…kalo para pemain bola seperti kami sebaiknya minum jus apa ya? Biar fit n kenceng larine…
    Jus cabe gimana? Larine pasti kenceng…:)

  8. rahmawati says:

    @ zoel chaniago
    oh, saya juga.. tapi suka gregetan ngeliat cara orangnya bikin jus. Jedi pengen merem aja, pura2 ga tau😀

    @ fisha17
    pastinya..

    @ Rita
    penting itu, terutama untuk menghilangkan pestisida

    @ ubadmarko
    masnya belum bayar rekening listrik po?

    @ jenderal
    saya suka loh:D
    cobain jus timun dari timun 100 g ditambah 50 g seledri, 10 g kismis, dan 100 g air matang..

    @ susiloharjo
    ya.. jus tomat.. memang enak..

    @ aspax
    tepat sekali!! jus cabe=sambel😀
    kacau..
    jus apa saja.. tetapi sebaiknya diperkaya dengan protein+lemak, misalnya ditambah susu..

  9. Jadi haus nih…. apalagi kalau pakai es😉

  10. masenchipz says:

    wokke…. gw pesen Jus Mangga ama chery… buruan ya bu… GPL…. hiks…hiks…

  11. hanggadamai says:

    oo jadi mbak mw buatin diriku jus ya…😆
    klo gitu diriku minta es jus terong aja:mrgreen:

  12. indra1082 says:

    SSSUUUUEEEEGGGGEEEERRRRRRRRRR…………

  13. katroboy says:

    Tips nya baguss…. tapi gemana cara praktikannya ya… ga ada blender nehhh… hehehe… ada yg mau pinjemenin ga????😀

  14. mriza says:

    Wadu……
    Seger benner, bagi donk…!

  15. Ama says:

    @ advokat listiana
    ya minum dong bu..

    @ masenchipz
    ow, tagihan menyusul yah.

    @ hanggadamai
    idih.. untung namamu hanggadamai

    @ indra 1082
    OOYESSSSSSSS…

    @ katroboy
    malangnya nasibmu nak:D

    @ mriza
    boleh.. sering2 mampir ya, Pak

  16. ahsinmuslim says:

    juzz…juzz…siapa mau juz!!!
    ada juzz tomat
    ada juzz apel
    dan juga juzz mangga
    gak lupa ama juz amma ya…
    he…he..

  17. Inu Arya A says:

    Jus sayur ni yg belum pernah saya minum ..
    standarnya cukup jus alpukat, tomat, atau jus kombinasi

    Best Regards

    Inu Arya A
    http://www.butik-ceria.com
    Butik SpreiKaosHanduk Online

  18. agung says:

    waduhhh jadi haus banget nih
    gizinya bagus ya?

    http://hidup-bijak.blogspot.com/

  19. icha says:

    bagaimana caranya membuat jus jagung

  20. niswahadzra says:

    tips2nya sangat bermanfaat.kebetulan saya adalah penggemar berat jus buah-buahan.thanks yaaa

  21. ari says:

    jus apa ynk paling enak…???

  22. panji says:

    Non punya resep aneka jus Ndak ya??? Oh ya bagaimana kalau ditambah susu creamer ya??

  23. iroh says:

    aku suka banget minum jus terutama jus tomat,jus jambu biji dll
    baik g ya klo buat jus tanpa gula

  24. walah ternyata membuat jus aja ada metodenya ya, kayaknya seger tuh🙂
    my last post : Cokelat Hangat Membuatku Bernafsu

  25. tari says:

    ak cm suka minum SUSU,….

  26. susti says:

    aku suka banget jus apel, tapi kadang2 males bikinnya he…he…

  27. susti says:

    biar badan langsing, minum jus apa ya..??

  28. Bond Chan says:

    mau tanya, saya lagi rencana buka toko jus online… nah sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai akhirnya jus itu berubah??? karena namanya online kan ya kita ga tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada pemesan setelah selesai kita proses..

  29. Dona says:

    Knp tips’a kurang jls??

  30. syamsudin_sadek says:

    kalau buat jus tuh pe perlu pakai gulaaaa….

  31. budi says:

    buah ap aj sih yg dpt d buat jus……………………………/??????????????????

  32. budi says:

    foto g kok kaye jus buah busuk………………!!!!!!!!!!!!!!!

  33. gian says:

    ampas buah yang banyak mengandung IDF tadi itu buah apa aja??
    apa semua buah mengandung IDF itu??

  34. Fathul Islam says:

    ….pikin ah buat jus, puasa-puasa gini pasti enaaaaak

  35. patar sardo says:

    da pernah minum jus bekicot campur lintah???? Wowwww……
    hmmmmmmm….

    ………………………..
    ……………………
    ………..
    Gak enak……

    tapi kalau dicampur gula, sirup sebanyak2nya, jadi enak sich…
    wkwkwkwkwkwkkkk

  36. kreatif says:

    jus true ituuuuuuuuuuuu

  37. halamanya kirimin ke alamat e – mailq ya / tau failya colya pas ke warnet g bawa fles disk
    maksih sebelumya

  38. Kalau yang dijual di supermarket itu kok tahan lama ya, gimana cara buatnya. Apakah baik kalau jus disterilisasi dengan dipanaskan ?

  39. Sri Wiharti says:

    Kalo bt meningkatkan trombosit sebaiknya jus apa ya bu…

  40. SAPARUDIN says:

    enx ya law bsa bwt ndri..????

  41. aziez says:

    juz
    jadi inget ma juz ‘amma
    juz trakhir di Al Qur’an
    lebih menyegarkan jiwa pastinya🙂

  42. Ken Zetta says:

    thanks infonya..ikut copy ya mba…

  43. Yulis Samoa says:

    Saya baru mulai mau belajar bikin Jus yang benar tuh yang bagaimana.. Pernah bikin Jus Apel koq rasanya kurang enak ya..hehehe.. Karena ternyata ada tips yang terlupakan oleh saya.. Tips Membuat Jus dari anda sangat membantu saya agar anak-anak saya lebih suka dengan Jus Apel buatan saya…🙂

  44. Boleh saya Save ya Tips Membuat Jus nya… Biar saya gak lupa nih..
    Salam hangat dari saya🙂

  45. Baju anak says:

    Seger n sehatL)

  46. tuk buka puasa enak y

  47. Paket Aqiqah says:

    Zeeeedap…walo diliat dari gambar nya aja

  48. Aqiqah Murah says:

    Salam kenal..berahapat dapat ilmu , teman dan kiriman jus nya😀

  49. sandra says:

    tks ya tipsnya….

  50. mulyonoaja says:

    mau bikin juice buat anakku, googling tipsnya eh … nemu disini.
    tks ya tipsnya

  51. noshuha says:

    i like jus sgt2….x de ke jus yang blh memudahkan pehdman??????

  52. Anonymous says:

    sipppp perlu segera dipraktek’kn nie……juzz bs jd faforit kluarga nich….

  53. Olvie says:

    Aku paling suka jus jambu merah

  54. Nasrudins says:

    q seueneng ma Ga JUZ Tambunan rasanya miliaran tuhhhhhhhhhhhh…….wwkwkwkw

  55. Qorisme says:

    wah ane mau bikin jus, keliling-keliling google gak nemu artikel yang tepat nih. Mau bikin yang dasar aja soalnya.

  56. Ruhyana says:

    Seger nih jus mangga keweni

  57. nina buchu says:

    makasih ats infox….cz g pernah tw cara buat bkin juce

  58. maruza says:

    Buat yg suka jus jambu biji atau jambu kelutuk atau jambu kristal, silakan baca artikel cara membuat jus jambu biji dengan tidak membuang daging tengah, karena daging tengah yang berbiji mempunyai rasa yang khas dan enak..sayang kalau dibuang
    http://maruzar.blogspot.com/2012/05/membuat-jus-jambu-biji-tanpa-membuang.html

  59. jus apel memang paling enak dan mantap

  60. edho r1r says:

    sya sngat suka jus apel

  61. Kalo saya biasanya minum nya pakai gula pasir sma susu kental manis , sekarang saya tahu kalo pakai 2 itu gk bagus nyebabpin diabetes

  62. Eddy Bram... says:

    Saya tiap pagi Ngejus : Bangkoang,Aplle,Wortel,Tomat di Juser…kluar sarinya Air saja sedap…segerrr….udah jalan 8 bln turun 5 kg…berat badan Diet juga,…buah cuman buang lemak saja…

  63. maruza says:

    Buat yang suka jambu biji, jusnya bisa dibuat tanpa membuang daging tengah yang mengandung biji, daging tengah rasanya juga enak dan khas. Lebih detail di:

    http://maruzar.blogspot.com/2012/05/membuat-jus-jambu-biji-tanpa-membuang.html

  64. Kereeen… Lanjut gaaan..

  65. Pingback: alat alat membuat jus alpukat | Heuay.Com

  66. info yang bagus dan menarik nih, saya juga punya artikel mengenai khasiat buah apel yang mungkin bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita http://jendelasehatq.blogspot.com/2014/02/ciri-ciri-dan-manfaat-atau-khasiat-buah.html terimakasih🙂

  67. Terima kasih info menariknya Pak Agung🙂

  68. Pingback: Cara Membuat Jus Apel Danish's Story | Danish's Story

  69. monmon says:

    aku suka banget sama jus apel apalagi kalau dimanfaatin buat wajah

  70. Pingback: Cara Membuat Jus Apel | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

  71. jono says:

    kalo mbuat jus apel kok sering warnanya berubah coklat ya, gimana caranya supaya tidak berubah warna?. tolong info tipmya dong.

  72. Maaf baru balas mas, kelupaan hehe.. Kalau bentuk buah ya, potongan apelnya itu bisa kita rendam sebentar dg larutan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis gitu.. tapi kalau jus ya sebaiknya segera diminum aja kali yah🙂 soalnya saya belum pernah cobain dg jus apel🙂

Kasih komen dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s